Home Headline News Tak Terpisahkan, Ishak Mekki dan Ulama

Tak Terpisahkan, Ishak Mekki dan Ulama

0

PALEMBANG, PE Kedekatan Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Selatan (Sumsel) nomor urut 3, H Ishak Mekki dengan tokoh agama seperti, para ulama, ustadz dan lingkungan pondok pesantren (Ponpes) bukan hal yang baru. Sejak dulu, Cagub yang masih menjabat Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini memang memiliki hubungan tersendiri dengan para tokoh di lingkungan agama Islam ini.

Mengapa demikian? Salah satu variabelnya adalah karena Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumsel ini dilahirkan di lingkungan keluarga yang agamis.

Ayahnya, H Ahmad Mekki, merupakan ulama terkenal di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tepatnya di Kota Kayuagung. Selain pada masa itu, H Ahmad Mekki sebagai guru mengaji di lingkungan tempatnya tinggal, dia juga sering berceramah keliling Kayuagung bahkan di seluruh Kabupaten OKI.

Ustadz Ahmad Mekki lahir di Kota Mekkah, Saudi Arabia. Itulah sebabnya, namanya diberi nama Mekki oleh orang tuanya. Ini tak lain untuk mengenang kota kelahirannya Mekkah. Pada usia 17 tahun barulah dia pulang ke tanah air diajak oleh orang tuanya, pulang ke kampung halaman, Kayuagung.

Di Kayuagung, dengan bekal kemampuannya berbahasa Arab dan memiliki pengetahuan agama yang bagus, Ahmad Mekki mengembangkan ilmunya, mendidik anak-anak warga untuk mengaji dan menimba ilmu agama hingga dia terkenal sebagai ustadz dan ulama.

Demikian setidaknya cerita singkat mengenai sosok H Ahmad Mekki yang merupakan orang tua dari H Ishak Mekki yang kini tengah giat berjuang untuk memimpin Provinsi Sumsel ke depan. Dari sekelumit cerita tersebut dapat pula disimpulkan mengapa sosok Ishak Mekki memiliki kedekatan khusus dengan para ustadz dan ulama.

Kedekatan ayah tiga anak (Muchendi, Azhar dan Ones) ini dengan para ulama tak sebatas hanya ulama lokal atau regional daerah Sumsel semata. Melainkan dengan para ulama yang berkaliber nasional bahkan internasional pun dia sangat dekat.

Selain selalu berkunjung dan dikunjungi, Ishak Mekki juga tak sungkan-sungkan jika ada waktu untuk mengundang para ulama nasional untuk hadir di kediamannya mengisi pengajian dan tausiah, di antaranya Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Abdul Somad dan sebagainya.

Dia juga selalu menyempatkan diri untuk bersilaturahmi kepada sejumlah ulama lainnya seperti Habib Luthfi dan bahkan saat umroh beberapa waktu lalu, Ishak juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Habib Rizieq Shihab di Kota Mekkah. ARZ

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here