Home Uncategorized Waspada, Jalan Mulus Malah Rawan Kecelakaan

Waspada, Jalan Mulus Malah Rawan Kecelakaan

0

MARTAPURA, PE-Jalan Provinsi yang menghubungkan antar Martapura dan Belitang saat ini dalam tahap pengerjaan, dan tak lama lagi sudah dalam keadaan mulus dan beraspal. Kondisi tersebut harus dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna jalan dengan bijak, karena jalan mulus malah rawan kecelakaan.
”Kondisi jalan Belitang bila sudah mulus nanti harus diikuti dengan kesadaran masyarakat dalam berkendara, baik itu roda dua maupun empat. Manfaatkan jalan tersebut dengan bijak, artinya berhati-hati dan sebaiknya tidak kebut-kebutan,” kata Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji SIK, melalui Kasat Lantas AKP Sukamto,kemarin dibuang kerjanya.
Secara khusus, Kasat meminta kepada orang tua agar bisa menjadi contoh bagi para generasi muda saat mengendarai kendaraan bermotor.
”Orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik bagi para generasi muda kita dalam berkendaraan,” tuturnya. Saat ini, kata dia, generasi muda cenderung kurang berhati-hati dan tidak berpikir panjang dalam berkendara. Disinilah orang tua diharapkan harus dapat menjadi contoh bagi mereka dalam berkendaraan yang baik, aman dan mematuhi aturan rambu-rambu lalu lintas.
”Bagi generasi muda yang belum cukup umur dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), orang tua harus tegas melarang mereka untuk mengendarai kendaraan bermotor. Jangan biarkan mereka berkendara di jalan raya, sebab hukum tidak bisa toleransi, kalau salah akan tetap dapat tindakan tegas dari pihak kepolisian,” terangnya.
Dia pun mengimbau kepada masyarakat, agar selalu berhati-hati dalam berkendara. Jangan sampai menjadi korban. Pasalnya jalan mulus, biasanya rawan terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas).
”Jangan karena jalan sudah mulus, lalu kita kebut-kebutan. Patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, berkendaralah dengan bijak. Kita juga nanti akan melihat titik rawan di sepanjang jalan Belitang. Kemungkinan akan ada petugas yang menjaga dititik rawan laka dan macet,’’ paparnya.
Sebab, lanjutnya, jalan Belitang juga dilewati mobil mobil besar, tentunya ini akan ada dampak kemacetan saat jam padat. “Nah, saat itu biasa pengendara tak sabar akan memacu kendaraan untuk segara sampai tujuan, tanpa mempertimbangkan keselamatan. Kemungkinan kita juga akan memasang garis kejut ditempat rawan laka dan macet. Hal ini untuk mengantisipasi meningkatnya laka di OKU Timur,’’ pungkasnya. MAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here