Home Uncategorized Bebas Lahan Tidak Pernah Masuk BPHTB

Bebas Lahan Tidak Pernah Masuk BPHTB

0

LAHAT, PE – Akibat dari pengusuran lahan warga oleh perusahaan baik itu, bergerak di sektor penambangan maupun perkebunan, dan berakhir kericuhan, mendapat sorotan tajam dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat.

“Pembebasan lahan yang dilakukan perusahaan terhadap penduduk, selalu berakhir konflik,” ungkap Anggota DPRD Lahat, Ir Hudson Arpan Msi, dihubungi via ponsel, Ahad (20/5).

Oleh karena itulah, sambung Hudson, dirinya berinisiatif akan memasukkan pembebasan lahan tersebut, ke sektor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Ini tentunya menjadi terobosan baru, dalam pemasukan ke kas daerah, sehingga lahan yang dibebaskan perusahaan masuk ke BPHTB. Disinilah peranan tim sembilan dalam menjalankan tugasnya, sehingga tidak ada lagi konflik atau demo soal pembebasan lahan,” urainya.

Ia mengemukakan, kemungkinan akan dipertimbangkan guna dibahas dalam rapat paripurna, supaya menjadi peraturan daerah (Perda).

“Ini harus dilakukan, mengingat banyak sekali perusahaan tambang atau perkebunan membuka lahan milik warga, tapi tidak masuk ke daerah, dengan adanya Perda akan mengatur semuanya,” tutup Hudson.

Terpisah, Plt Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM mengungkapkan, BPHTB untuk pembebasan lahan sangat baik sekali, ini merupakan masukan dan terobosan dalam menaikkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Mudah-mudahan, masukan dari Anggota DPRD, Hudson Arpan menjadi alternatif penambahan kas daerah, dan ini mesti dibahas lebih lanjut, dengan disertai payung hukum agar tidak salah bertindak,” tukasnya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here