Home Uncategorized Dua Makanan Positif Formalin dan Boraks

Dua Makanan Positif Formalin dan Boraks

0

LAHAT, PE – Dari 26 item sampel makanan yang diperiksa, dua yakni, mie rujak dan cincau hitam, positif mengandung formalin dan boraks, setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Palembang mengujinya, Selasa (29/5), sekitar pukul 13.00 wib, dipusatkan di Pasar Lematang.

Kepala BPOM di Palembang, Dra Dewi Prawita Sari Apt MKes membenarkan, bahwasanya dua sampel makanan yang telah diuji tersebut positif formalin dan boraks.

“Mie rujak ada formalin dan boraks, karena setelah menggunakan bahan tertentu, berubah menjadi ungu, sedangkan cincau hitam mengandung boraks diperiksa kertas curcumin dari kuning jadi merah,” katanya.

Ia menegaskan, makanan yang positif mengandung bahan berbahaya tersebut, langsung dieksekusi dengan dimusnahkan, sehingga tidak lagi dikonsumsi masyarakat.

“Selain itu, pedagang kita buatkan surat penyataan tidak mengulangi maupun berjualan menggunakan bahan kimia berbahaya,” urai Dewi.

Nantinya, sambung Dewi, pihaknya akan menyelusuri asal usul makanan dimaksud, sehingga nanti diketahui dimana mereka mengambilnya.

“Pastinya kita telusuri dari pernyataan yang dibuat oleh pedagang, agar makanan dan minuman bebas dari bahan kimia berbahaya,” pungkasnya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here