Home Sumsel Muara Enim Fokus Bina Atlet Pencak Silat

Fokus Bina Atlet Pencak Silat

0

MUARA ENIM, PE – Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, melaunching Pusat Pelatihan Daerah (PPD) olahraga pencak silat di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila Muara Enim. Ini upaya Pemkab Muara Enim untuk meningkatkan prestasi dan pembinaan atlet berprestasi cabang olahraga pencak silat.

Selain itu Muzakir juga membuka grand final kompetisi pencak silat se Kabupaten Muara Enim. Acara itu dihadiri juga Ketua Pengda Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Muara Enim, DR Hj Shinta Paramita Sari SH MHum, serta para atlet silat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Muara Enim, H Rusdi Khairullah,  selaku ketua  panitia penyelenggara, mengatakan penyelenggaraan kompetisi tersebut dibagi ke dalam 3 zona. Zona pertama diikuti sebanyak 220 peserta berlangsung dari tanggal 18-20 April di GOR Pancasila Muara Enim.

Kemudian zona dua diikuti sebanyak 120   peserta berlangsung dari 23-24 April di GOR Kecamatan Belimbing dan zona 3 diikuti sebanyak 100 orang berlangsung dari 27-29 April. Kompetisi tersebut dilakukan di masing masing zona agar para atlet pencak silat yang ada di zona tersebut dapat mengikuti kompetisi, guna menjaring atlet berbakat .

“Pada Grand Final hari ini diikuti 7 orang putra dan 5 putri yang berhasil keluar sebagai juara 1 dan 2 dari masing masing zona,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Soihar mengatakan, pencak silat merupakan bagian dari budaya  bangsa Indonesia dan sebelum menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam  kegiatan olahraga baik prestasi maupun rekreasi.

Pencak silat, lanjutnya,   sudah menjadi satu kegiatan untuk  membentuk watak, karakter, spiritual, mental jiwa yang  kuat dan sportif bagi generasi muda  yang dilakukan di  pondok pesantren atau padepokan seluruh Indonesia.

Menurutnya, sejalan dengan perkembangan social,  buaya dan  kemajuan teknologi, olahraga bela diri pencak silat berkembang begitu pesat khususnya di Kabupaten Muara Enim, sehingga menjadikan salah satu olahraga unggulan untuk Kabupaten Muara Enim. AFU

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here