Home Olahraga Asian Games 2018 Jakabaring Bowling Center Simbol Kemajuan Indonesia

Jakabaring Bowling Center Simbol Kemajuan Indonesia

0

APP Sinar Mas Serah Terimakan Jakabaring Bowling Center kepada Pemprov Sumsel

PALEMBANG, PE – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas secara resmi menyerahterimakan gedung pusat olahraga bowling yang berada di lokasi Kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (30/5).

Disaksikan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, Menpora, Imam Nahrawi melakukan uji coba Line Bowling Center Palembang

Acara yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi dan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin ini menjadi wujud kebanggaan serta kontribusi APP Sinar Mas atas terpilihnya kembali Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tersebut.

“APP Sinar Mas sebagai Official Partner Asian Games 2018, berupaya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi momen bersejarah ini melalui berbagai bentuk dukungan, salah satunya melalui pembangunan Jakabaring Bowling Center yang merupakan simbol penting bagi Indonesia untuk menunjukkan kemajuan bangsa ini,” tutur Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin dalam sambutannya.

Jakabaring Bowling Center memiliki luas bangunan sekitar 4.200 meter persegi yang berdiri kokoh di atas lahan seluas 2,8 hektar. Bowling center ini memiliki 40 line, yaitu jumlah yang jauh lebih banyak dari rata-rata bowling center lainnya yang hanya memiliki 20-30 line.

“Total anggaran yang APP Sinar Mas alokasikan untuk pembangunan bowling center ini adalah senilai Rp27 miliar,” sebut Saleh.

Selain bowling center, APP Sinar Mas juga memberikan dukungan lain terhadap keberhasilan Asian Games 2018 dengan turut mencegah secara intensif terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal ini sejalan dengan target Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk menjalankan Asian Games 2018 tanpa api dan asap.

Melalui investasi tambahan senilai sekitar USD3,8 juta, APP Sinar Mas meluncurkan program No Fire No Haze, dimana Palembang, sebagai salah satu lokasi perhelatan Asian Games, menjadi salah satu prioritas utama untuk mencegah karhutla.

Program No Fire No Haze dari APP Sinar Mas ini antara lain, memperkuat program Manajemen Penanggulangan Kebakaran Teintegrasi (IFMS) dengan cara menambah sarana dan prasarana untuk memantau titik-titik panas, termasuk menara api, pos pantau, helikopter operasional, serta peralatan kebakaran lainnya.

Selain itu, APP Sinar Mas juga menambah dan menyiagakan personil Regu Pemadam Kebakaran (RPK) selama 24 jam.

“Kemudian menggiatkan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), sebuah program pencegahanan kebakaran, konservasi, dan ketahanan pangan. Program ini memberdayakan masyarakat yang hidup di dalam maupun di sekitar area konsesi APP Sinar Mas, untuk berperan aktif memerangi karhutla dan di saat bersamaan menyokong kesejahteraan masyarakat yang terlibat,” tukas Saleh.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas yang turut berkontribusi dalam Asian Games dengan membangunkan Gedung Bowling Center.

“Gedung bowling ini dibangun Sinar Mas Rp27 miliar. Sinar Mas dalam pekan terakhir ini jadi buah bibir karena telah membangun ini,” kata Alex.

Lebih dari itu, Alex mengatakan terpilihnya Palembang, Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games lantaran zero conflict. “Alhamdulillah, insyaaAllah tidak ada kerusuhan antaretnis, tidak ada kerusuhan antaragama,” ungkapnya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrowi memuji jika bowling center Jakabaring tidak hanya terbaik di Asian, namun terbaik di dunia.

Namun menurut Imam, yang paling penting ke depan adalah, bagaimana sejumlah venue yang megah ini pasca Asian Games mendatang diberdayakan untuk apa.

“Setelah Asian Games ini, kita harus duduk satu meja, kira-kira venue yang megah ini untuk diapakan. Namun saya hari ini konsen untuk perolehan medali di Asian Games. Presiden minta kepada saya, kalau Indonesia harus tembus 10 besar, itu berarti minimal mendapatkan 16 medali emas. Saya harap mungkin dari bowling 2 emas, kemudian cabang menembak. Venue ini sudah bagus, jadi saya berharap ini juga diiringi prestasi, baik tingkat Asia, atau mungkin dunia,” tukasnya. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here