Home Informasi Tangkal Hoax, Diskominfo Gelar Sosialisasi 

Tangkal Hoax, Diskominfo Gelar Sosialisasi 

0

LUBUKLINGGAU, PE – Perkembangan dunia teknologi jika tidak dimanfaatkan dengan maksimal justru akan menjadi bumerang bagi penggunanya. Oleh sebab itu, dibutuhkan peran semua pihak untuk mensosialisasikan cara cerdas menggunakan sosial media.

Seperti apa yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau yang gencar memberikan sosialisasi. Sasarannya pelajar, mahasiswa, pegawai, dan masyarakat. Seperti diatur dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU-ITE).

Kepala Diskominfo Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi mengatakan beberapa program yang sudah dijalankan. Salah satunya untuk mengatasi dan mengantisipasi berita hoaks. Sosialisasi dilakukan dari tingkat sekolah, hingga RT melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau.

“Untuk yang di sekolah sudah ada enam sekolah yang kita kunjungi baik SMP dan SMA, sedangkan untuk sosialisasi RT/RW sudah 4 kecamatan dan nantinya kita lanjutkan di 4 kecamatan berikutnya,” jelasnya.

Erwin Armeidi menambahkan, program lainnya dengan publikasi singkat (leaflet) seperti cetak stiker-stiker untuk dibagikan ke pelajar dan masyarakat pada umumnya.

“Rencana kita kedapannya, menyosialisasikan ke sekolah karena di sekolah kebanyakan anak sudah menggunakan Medsos, di tahun ajaran baru kita masuk ke sekolah dan mengisi kegiatan orientasi sekolah,” ungkapnya.

Kedepan Diskominfo Kota Lubuklinggau membentuk relawan anti hoaks di tahun 2018. Ia berharap juga bagi pengguna Medsos harus bisa memilah mana informasi yang benar dan mana informasi yang hoax.

“Makanya kita cek sumbernya, masuk logika tidak, dan yang paling penting jangan langsung di ambil mentah-mentah,”pungkasnya. NSR/AFA

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here