Home Uncategorized Sidang Ditunda Sebulan, Sampaikan Bukti Saksi

Sidang Ditunda Sebulan, Sampaikan Bukti Saksi

0

LAHAT, PE – Sidang lanjutan penyerobotan lahan yang dialami Dahlian (penggugat) warga Desa Talang Sawah, Kecamatan Lahat Selatan dengan tergugat PT Arta Prigel kembali digelar. Namun pelaksanaan sidang yang dipimpin oleh ketua majelis hakim, Agus Pancara SH MH digelar dengan pembuktian oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lahat (tergugat dua), Senin (4/6).

Sidang yang berlangsung 20 menit itu kembali ditunda setelah cuti bersama lebaran Idul Fitri 1439 H, yakni sidang akan kembali digelar pada Senin (25/6) mendatang. “Karena cuti bersama, sidang akan dilanjutkan pada 25 Juni mendatang,” jelas Agus Pancara.

Agus Pancara mengemukakan, kepada kuasa hukum penggugat dan kuasa hukum tergugat jika ada tambahan pembuktian berkas dapat disampaikan dalam sidang lanjutan. “Sebelum sidang ditutup, saya akan mengatakan lagi kepada kuasa hukum penggugat dan kuasa hukum tergugat jika ada pembuktian berkas dapat disampaikan dalam sidang berikutnya. Kalau memang tidak ada, nanti pada tanggal 25 Juni mendatang, dilanjutkan dalam pembuktian saksi oleh penggugat,” paparnya.

Bahkan ketua majelis hakim mengungkapkan kepada pihak penggugat dalam sidang 25 Juni nanti kalau dirinya berhalangan hadir dan digantikan dengan ketua penganti sidang masih tetap dilanjutkan.

“Sepakat ya, sidang kita tunda pada 25 Juni mendatang, apakah penggugat sepakat. Dan nanti jangan salahkan kita ya kalau penggugat kalah, takunya kita lagi yang disalahkan,”tegasnya.

Terpisah, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkar Merah Putih Nasional (LMPN) Lahat melalui sekretaris, Rizal SH didampingi Wakil Ketua Bidang Investigasi, Bambang H sangat menyesalkan ucapan yang tecoplos oleh ketua majelis hakim mengenai jika penggugat kalah dalam sidang pihak hakim disalahkan.

“Seharusnya sebagai ketua majelis hakim tidak bagus mengucapkan kata itu, sehingga membuat seolah-oleh penggugat kalah dalam sidang menjadikan mereka down. leh sebab itulah kita sebagai LSM Lingkar Merah Putih Nasional kabupaten Lahat terus mengawal sidang ini sampai tuntas,”pungkasnya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here