Home Sumsel Kayu Agung Bupati OKI: Cegah Karhutla Jangan Sekedar Slogan

Bupati OKI: Cegah Karhutla Jangan Sekedar Slogan

0

KAYUAGUNG, PE – Bupati OKI menyindir sejumlah perusahaan yang mendengungkan siap mencegah terjadinya Karhutla. Nyatanya, setiap tahun masih saja terjadi musibah api di sejumlah titik di kabupaten ini.

Ditemukannya sejumlah titik api di Kabupaten OKI dan daerah lainnya pada musim kemarau tahun ini, telah menggagalkan komitmen Sumsel Zero Asap yang digelorakan setiap awal tahun. Butuh kesadaran dari semua pihak, untuk mewujudkan wilayah bebas asap yang sulit tercapai.

“Perwakilan perusahaan telah mengucapkan komitmen mencegah Karhutla, tapi titik api masih ada di area perkebunan. Jangan berkomitmen Zero Asap, tapi hanya slogan saja. Tapi harus ada action, support anggaran dan SDM andal,” kata Bupati OKI, H Iskandar SE saat memimpin Rakor upaya pencegahan Karhutla, Kamis (26/7).

Iskandar menegaskan, pada Rakor di BPBS I Pemda OKI ini, pencegahan Karhutla bukan semata untuk menghadapi Asian Games saja, tapi berkesinambungan karena sebenarnya kebakaran bisa dicegah. “Lebih baik menyiapkan 1 obat pencegahan penyakit, daripada ratusan obat penyembuhan,” sindirnya.

Menurutnya, pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha punya peran yang sama untuk menanggulangi asap. “Komitmen kita sejak tahun 2015 rapat terus untuk cegah Karhutla, tapi kebakaran masih terjadi. Kami minta perusahaan, BPBD, Manggala Agni untuk sungguh sungguh melakukan sosialisasi,” lanjut bupati.

Seluruh Camat di 18 kecamatan harus merapatkan barisan dengan Kades, untuk pencegahan Karhutla. Pelaku pembakar hutan, lahan dan kebun merupakan tindakan kejahatan luar biasa, karena dampaknya ke ekonomi, ekosistem, lingkungan, kesehatan dan lainnya.

Karena menurut bupati, Karhutla di OKI selama ini berlangganan terjadi hampir di seluruh kecamatan seperti di beberapa desa dalam Kecamatan Tanjung Lubuk, Lempuing Jaya, Pedamaran, Pedamaran Timur, Kayuagung, SP Padang, Pampangan, Pangkalan Lampan, Tulung Selapan, Cengal dan Sungai Menang.

Dandim 0402 OKI/OI, Letkol Inf Seprianizar SSos mengatakan, pihaknya selama ini siap dan telah all out membantu pencegahan dan penanggulangan Karhutla setiap tahun. Sedangkan Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH menambahkan, kasus Karhutla di OKI sedang diproses hukum di Mapolda dan Mapolres. IAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here