Home Karhutla Lahan Gambut Muara Medak Terbakar

Lahan Gambut Muara Medak Terbakar

0

SEKAYU,PE- Lahan gambut hutan konservasi di Desa Muara Medak, Muba, terbakar pada Sabtu (28/7) sekitar pukul 14.29 WIB. Bahkan api mulai merambat ke lahan gambut lain, yang jaraknya 5 kilometer dari hutan konservasi.

Dalam peristiwa itu, keseriusan dan komitmen dalam pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di Muba ditunjukkan oleh jajaran Kepolisian dan TNI. Hal itu terlihat langsung, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM bersama Dandim 0401 Muba, Letkol Inf Mulyadi S.IP memadamkan lahan gambut di Desa Muara Medak.

Kapolres Muba dalam keterangan persnya menyampaikan, informasi kebakaran lahan gambut di Desa Muara Medak setelah dapat laporan dari Kapolsek. Dimana, lahan diketahui setelah patroli udara perusahaan menginformasikan bahwa ada kebakaran lahan hutan konservasi gambut.

“Pertama itu tim udara perusahaan memberitahukan. Lalu, Kapolsek bersama tim darat langsung menuju lokasi, dan tim melihat kondisi api mulai merambat ke lahan gambut yang jaraknya 5 kilometer dari hutan konservasi yang dibawahnya terdapat lahan gambut,” jelas perwira melati dua ini.

Setelah mendapat laporan, lanjutnya, bersama Dandim 0401 langsung menuju lokasi menggunakan helikopter perusahaan. Setiba di lokasi, Kapolres bersama Letkol Mulyadi langsung ikut bahu membahu memadamkan api dilahan gambut yang sudah merembet, bersama tim dan masyarakat setempat.

“Ya hingga hari ini masih terus dilakukan pemadaman,” ucapnya. Karena, sambungnya Kapolres perempuan pertama di Muba ini, titik api di hutan lahan gambut terpantau masih aktif, dan sangat cepat merambat. Di tambah dengan udara dan angin yang mengarah ke api, yang menyebabkan sulit d padamkan.

“Yang jelas 9 alat berat Eskavator telah disiapkan oleh perusahaan untuk membuat sekat api, agar tidak meluas ke lahan yang tidak terbakar. Hingga saat ini anggota yang melakukan pemadaman, masih di lapangan,” pungkasnya.SAF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here