Home Karhutla Satgas Karhutbunla Berhasil Tanggulangi Api

Satgas Karhutbunla Berhasil Tanggulangi Api

0

KAYUAGUNG, PE – Dalam sepekan terakhir ini, Satgas Karhutbunla terus melakukan patroli dalam rangka mencegah bahaya kebakaran hutan, kebun dan lahan yang ada di daerah rawan karhutbunla di wilayah Kodim 0402/OKI, Sumsel.

Sebanyak 28 personel yang tergabung dalam Satgas Karhutbunla berhasil menanggulangi api yang membakar lahan di Desa Sungai Tepuk, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Para personel Satgas yang terdiri dari RPK PT. HKM IV, TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA), berhasil mencegah api yang membakar lahan milik masyarakat seluas kurang lebih 1 hektare yang berlokasi di Desa Sungai Tepuk.

Dengan menggunakan mobil pemadam dan 5 buah mesin pompa, memanfaatkan sumber air dari kanal-kanal yang tersedia, mereka berjibaku memadamkan api agar tidak menjalar.

Sementara itu, Helikopter Perkuatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Daerah juga terus melakukan Water Bombing. Sekitar pukul. 13.30 WIB, api yang membakar di lahan tersebut berhasil ditanggulangi dan dapat dipadamkan.

Di lain sisi, Satgas Karhutlabunla Provinsi Sumsel juga terus memantau dengan melakukan patroli secara intensif.  Pemantauan ini selain dilakukan oleh Satgas terpadu Karhutbunla sejak ditetapkan siaga darurat Karhutbunla oleh Gubernur Sumsel.

Saat ini juga diperkuat oleh pasukan Detasemen Teritorial Terbatas sebanyak 355 personel yang tergabung dalam Subsatgas Darat. Perkuatan pasukan ini guna mensukseskan penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 dengan menciptakan wilayah Sumsel khususnya Kota Palembang tempat perhelatan olahraga tingkat Asia yang diikuti 45 negara ini harus Zero Asap.

Pasukan Detasemen Teritorial Terbatas yang tergabung dalam Subsatgas Darat Karhutbunla berasal dari satuan Tempur dan Banpur (Bantuan Tempur) BKO dari Kodam II/Sriwijaya serta pasukan dari Komando kewilayahan (Korem dan Kodim), yang disebar ke 55 Desa rawan Karhutbunla yang dikelompokkan menjadi 10 wilayah pantau di empat Kabupaten dalam rangka mendukung tugas pokok Satgas Karhutbunla Provinsi Sumsel. Pasukan ini bertugas pokok melakukan operasi intai dan sosialisasi door to door ke rumah masyarakat guna meyakinkan tidak ada lagi pembakaran.

Dari hasil kerja keras yang dilakukan oleh Satgas Karhutbunla Prov. Sumsel dalam penanganan Karhutbunla, mendapat apresiasi langsung dari pimpinan melalui WA Kasad Jenderal TNI Mulyono kepada Pangdam II/Sriwijaya yang berisi “Presiden dan Panglima TNI sangat perhatian dan apresiasi atas upaya yang dilakukan Pangdam tentang kerja dan upaya merespons cepat titik api di wilayah, lanjutkan, pelihara momentum ini secara koordinatif dan antisipatif. Karena ini dampaknya sangat strategis. Tuh utama jangan terjadi bencana Asap. Tetap Semangat!!!!!!!!!!!!”.

Hingga saat ini, di wilayah Sumsel kejadian titik panas (hotspot) atau kebakaran yang terjadi masih dapat diatasi oleh RPK (Regu Pemadam Kebakaran) darat dan Subsatgas udara Satgas Karhutbunla Prov. Sumsel dengan efektif dalam pengendaliannya, khususnya di empat Kabupaten prioritas yaitu Kab. OKI, Kab. Ogan Ilir, Kab. Muara Enim dan Kab. Banyuasin yang sering terjadi kebakaran. RIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here