Home Pendidikan Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Terapkan Asas Gotong Royong

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Terapkan Asas Gotong Royong

0

MARTAPURA,PE – Guna terus meningktakan kualitas pendidikan di Kabupaten OKU Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur menerapkan penataan sekolah berasaskan gotong royong. Dimana melalui program ini diharapkan orang tua wali murid melalui peran komite, sekolah dapat terlibat secara langsung dalam proses pendidikan anak disekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Drs M Ali MM mengatakan, sesuai dengan UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, dimana keberhasilan pendidikan akan terlihat dari sinergi nya pemerintah, masyarakat dan orang tua/wali murid. Kondisi saat ini yang mengharuskan penataan sekolah berasaskan gotong royong. Dimana orang tua murid terlibat dalam proses pendidikan. Jadi pelajar tidak hanya diberikan pendidikan di sekolah saja, tetapi juga harus diringi dengan pendidikan dirumah.

“Selain mendorong tenaga guru agar lebih memiliki inovasi serta meningkatkan disiplin dalam menjalankan tugasnya dalam rangka meningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi, orang tua siswa juga harus memberikan praktik terutama dalam pembentukan karakter dan kepribadian terhadap anak,” jelasnya.

Dikatakannya, guru diharapkan mampu mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki secara terus-menerus. Apa lagi saat ini perkembangan dunia semakin canggih, sehingga kecanggihan saat ini diharapkan sebagai penambah sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan terhadap pelajar.

“Guru harus menjalankan tugasnya mengajar dan menjadikan sebagai tugas profesi serta panggilan jiwa, para guru mengajarlah dengan hati. Selain itu guru harus paham menggunakan teknologi, ini tuntutan zaman. Rugi kalau tenaga pengajar belum paham teknologi,” ujarnya.

Selain itu, dalam menjalankan tugas harus melalui kesadaranya sendiri, jangan sampai bekerja karena takut kepada atasannya. Dan bukan juga karena memperlihatkan kesan rajin di depan atasanya. Seperti tak kala kepala sekolah sedang tugas keluar, tetap mengerjakan dengan sebaik mungkin. Bila guru telah tertib menjalankan pengajaran didalam kelas dengan baik, maka peningkatkan pendidikan OKU Timur diharapkan segera terwujud.

“Harus mengajar di ruangan ketika waktunya mengajar, diawasi atau tidak diawasi ada kepala sekolah atau tidak, harus mengajar dengan disiplin,” ucap Ali. SUS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here