Home Uncategorized Ulat Bulu Serang Batang Padi Muda

Ulat Bulu Serang Batang Padi Muda

0

LAHAT, PE – Musim tanam padi dibeberapa areal persawahan, sudah dimulai, akan tetapi, tidak hanya hama keong mas saja, melainkan ulat bulu menyerang batang padi muda, yang baru berusia beberapa minggu.

Rian (35) petani asal Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan membenarkan, bahwasanya hama ulat sudah mulai menyerang batang maupun daun padi muda dilahan sawahnya.

“Mereka (Ulat, red) cenderung memakan daun muda padi, yang baru berumur beberapa minggu,” paparnya, ditemui, Sabtu (21/7).

Apabila, sambung dia, tidak dibasmi dengan cara penyemprotan racun insektisida, maka, selain daun padi habis, tumbuh kembang akan terhambat juga.

“Harus disemprot menggunakan racun, biar hama ulat musnah. Walaupun, sama-sama besar, tapi berbuahnya akan sangat lama,” urai Rian.

Senada, Makcik (59) petani asal Banjar Negara mengemukakan, dirinya sudah membasmi hama ulat dan keong mas, biar tidak menyebar.

“Alhamdulillah, hama ulat dan keong mas sudah tidak ada lagi, kini langsung ditebar pupuk, sehingga cepat tumbuh sekaligus berbuah tepat waktunya,” tutupnya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here