Home Uncategorized Wow, Puluhan Ayam Warga Mati Mendadak

Wow, Puluhan Ayam Warga Mati Mendadak

0

LAHAT, PE – Puluhan ayam milik warga Desa Lawang Agung, Kecamatan Mulak Ulu, tiba-tiba mati mendadak dengan ditandai adanya warga ungu pada jengger ayam, sehingga membuat penduduk langsung mengubur atau menyembelih.

Ramlah (67) warga desa membenarkan, dalam jangka waktu dua minggu ini, semua ayam yang dipelihara mati mendadak.

“Awalnya sehat semua, ayam kampung yang dipeliharanya satu demi satu mendadak mati hingga tidak ada sisa lagi,” ujarnya, ditemui, Senin (9/7).

Senada, Ullah (45) menjelaskan, ayam miliknya juga tiba-tiba saja roboh, ketika dipegang sudah mati dan dijengger ada muncul warna ungu.

“Memang bukan sekali ini saja, penyakit tetelo ini menyerang hewan ternaknya, tahun sebelumnya pun demikian, langsung dikubur kalau yang sudah mati, masih hidup disembelih,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir Agustia Budiman MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan), Ir Nursiwan menjelaskan, sebaiknya warga desa tidak sungkan-sungkan melaporkannya kepada petugas yang ada.

“Jangan sampai ayam yang sehat tertular penyakit tetelo, sehingga tidak tersebar lebih luas,” paparnya.

Ia menyampaikan, kepada pemilik hewan ternak ayam, agar kiranya kandangnya disemprot dengan cairan desinfectan, supaya kuman-kuman tetelo mati.

“Apabila dikonsumsi pun tidak masalah bagi kesehatan tubuh manusia, sebab, dimasak dengan benar akan membuat virusnya mati,” pungkas Nursiwan. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here