Home Olahraga Asian Games 2018 Ada Stiker INASGOC Boleh Lewat

Ada Stiker INASGOC Boleh Lewat

0
Kompol Andi Baso Rahman, Kasatlantas Polresta Palembang

PALEMBANG, PE – Kabar yang menyebar di tengah masyarakat terkait kendaraan umum dan pribadi, jenis apapun tidak diperkenankan melintas di atas Jembatan Ampera selama pelaksanaan pesta olahraga negara-negara se-Asia, Asian Games XVIII, ternyata bukan isapan jempol semata.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palembang, Kompol Andi Baso Rahman. Dia menerangkan, nantinya selama perhelatan Asian Games 2018 dari 18 Agustus sampai 2 September 2018, kendaraan bermotor khususnya jenis mobil tidak bisa melintas di atas Jembatan Ampera, selain yang memiliki tanda atau stiker khusus yang melekat di kaca mobil.

“Nantinya, ada stiker khusus yang dikeluarkan oleh Panitia Asian Games atau INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Committee) melalui panitia daerah. Sehingga kendaraan yang tidak ada stiker khusus maka tidak boleh melintas di atas Jembatan Ampera,” ujar Andi.

Dikatakan perwira menengah (pamen) polisi yang mempersunting gadis asal Pagaralam ini, selain kendaraan yang memiliki stiker khusus dari INASGOC, mobil official atau deputi para negara yang ikut ambil bagian di Asian Games 2018 yang dikawal oleh personel Tentara Nasional Indonesia (TNI)-Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga bisa melintas di jembatan ikon Palembang.

“Selain itu, tanpa terkecuali kendaraan bermotor tidak bisa melintas di atas jembatan Ampera,” jelasnya.

Masih kata mantan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pademangan, Jakarta Utara ini, nantinya pihak panitia daerah melalui bidang transportasi Deputi 3 bidang transportasi yang diketuai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumsel akan menyiapkan bus khusus untuk mengantarkan orang yang bekerja sekolah dan kuliah ke arah Seberang Ulu (SU) dan Jakabaring.

“Sebaiknya selama perhelatan Asian Games 2018 bagusnya orang yang mau menyeberang ke Jembatan Ampera menggunakan kendaraan yang sudah disiapkan oleh Dinas Perhuhungan seperti Transmusi,” anjurnya.

Nantinya kata Andi, sebelum ini diterapkan pihaknya akan terlebih dahulu melakukan kanalisasi seperti di kawasan Simpang Charitas kemudian Simpang Polda. Lalu, jalan Kolonel Atmo dan kawasan yang masuk jalur utama. Sedangkan, untuk arah Jakabaring menuju jembatan Ampera akan ada kanalisasi sejak dari fly over Jakabaring yang diarahkan menuju kawasan Kertapati hingga fly over Nilakandi.

“Jadi nanti pengendara atau kendaraan yang tidak mengunakaan stiker khusus dari Inasgoc harus melintas ke arah Musi 2, tanpa terkecuali,” terangnya.

Untuk itu kata pria asal Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini, Senin depan tepatnya 13 Agustus nanti pihaknya akan melakukan ujicoba jalur tersebut dimulai dari pukul 7 hingga 9 pagi. Sehingga, pihaknya menghimbau agar masyarakat bisa bangun pagi sebelum dilakukan ujucoba. “Untuk kendaraan jenis motor masih dirapatkan atau dipertimbangkan. Sedangkan, untuk mobil yang tidak ada stiker khusus dari INASGOC baru bisa melintas di atas Jembatan Ampera sekitar pukul 9 malam selama Asian Games,” tukasnya. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here