Home Karhutla Jaga Ketat 42 Titik Rawan Karhutbunla

Jaga Ketat 42 Titik Rawan Karhutbunla

0

KAYUAGUNG, PE – Sebanyak 42 titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir (OI), terus diawasi oleh tim satgas darat kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla).

Penjagaan 42 titik ini dirasakan sangat penting, karena wilayah yang memang rawan karhutbunla, arah angin dari wilayah ini mengarah ke Kota Palembang.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa hari ke depan, Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kota Palembang akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Asian Games XVIII 2018. Mensukseskan Asian Games, merupakan tanggungjawab bersama dan harga diri bangsa.

Dandim 0402 OKI/OI, Letkol Inf Seprianizar SSos menjelaskan, dari 42 titik tersebut, delapan diantaranya di wilayah Kabupaten OKI. “Sisanya di OKI, yang tersebar di sembilan kecamatan. Di Sumsel, yang arah anginnya ke arah Palembang selain OI dan OKI adalah Kabupaten Banyuasin dan Muara Enim,” kata Dandim.

Selain itu, menurutnya, untuk menanggulangi karhutbunla ini memang membutuhkan kerjasama dari berbagai elemen. “Sudah digelontorkan dana cukup besar, ini tinggal optimalisasi dan improve dari SDM dan peralatan yang ada,” tegasnya.

Sementara itu, sebelumnya Kodim 0402 sendiri telah mendapatkan pasukan tambahan dari Kodam serta Kostrad yang akan membantu menangani kasus ini. “Dengan ini diharapkan zero asap tidak hanya menjadi slogan,” ujarnya.

Selain itu, ketika terjadi kebakaran dan masyarakat melihat itu, hendaknya dapat membantu petugas dalam memadamkan api. Bukan hanya dijadikan tontonan dan difoto. IAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here