Home Ekonomi Kuliner Pisang Sale Goreng yang Legit dan Lezat

Kuliner Pisang Sale Goreng yang Legit dan Lezat

0

MUARA ENIM, PE – Mungkin tidak banyak orang tau daerah Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim memiliki panganan khas tradisional. Salah satunya sale pisang, camilan berbahan dasar pisang kundur yang memiliki citarasa legit nan lezat.

Namun oleh pengusaha penganan Ujanmas, Sumacik (59), warga Dusun V, Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Muara Enim, sale pisang berhasil dikreasikan. Di tangan Sumacik, Sale pisang tak hanya dipanggang dengan asap namun juga digoreng.

“Sale pisang ini khas dari daerah kita, kalau di tempat lain banyak Sale Pisang seperti ini tapi jenis pisangnya berbeda dengan pisang yang kita gunakan. Kalau kita menggunakan pisang Gedah atau kita kenal di sini pasang Kundur karena pisang ini tidak asam seperti pisang lain,” ujar Sumacik dibincangi di kediamannya, Senin (20/8).

Lebih lanjut Sumacik mengatakan, jenis pisang Gedah yang dijadikan bahan baku Sale dan Rompi Ujanmas ini juga harus benar-benar matang, tua dan besar karena pembuatan Sale pisang dan Rompi ini tidak menggunakan gula ataupun pemanis buatan.

“Sale dan Rimpi pisang ini semuanya pisang murni tidak ada bahan tambahan lainnya. Beda Sale dengan Rimpi kalau Rimpi itu di dalam atau melalui proses pengasapan kalau Sale pisang itu di keringkan dengan cara di Jemur baru digoreng,” lanjut Sumacik.

Ketika ditanya terkait kendala Sumacik mengatakan, sulitnya bahan baku untuk proses pembuatan dalam hal ini bukan pisangnya, namun kayu bakar untuk melakukan proses pengasapan terhadap Rimpi yang sudah sulit karena Rimpi pisang ini tidak bisa menggunakan gas beda dengan Sale pisang yang bisa digoreng menggunakan kompor gas.

“Kalau bahan baku berupa pisang  masih banyak di kita dengan harga yang relatif murah kisaran Rp. 2.500-5.000 per sisirnya. Namun yang sulit itu kayu bakar untuk proses pengasapan Rimpi yang sudah langkah makanya sekarang ini kita lebih banyak memproduksi Sale pisang karena bisa dimasak menggunakan gas,” terang Sumacik.

Sumacik mengharapan kepada pemerintah ataupun instansi terkait serta perusahaan baik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) maupun BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) agar dapat membantu mengembangkan usahanya ini yang mana sampai saat ini dia belum bisa memenuhi kebutuhan konsumen secara penuh karena kekurangan dana untuk pengembangan usaha ini.

Alhamdulillah kita sudah menjual produk ini ke Divara Mart Muara Enim, 212 Mart,Aisyah Mart Palembang, bebarapa wilayah di Prabumulih, dan pasar-pasar tradisional dan baru-baru ini Indomaret juga meminta kita mengisi tokoh mereka namun dalam jumlah yang cukup besar, namun kita tidak punya modal untuk memenuhinya karena kita butuh karyawan yang harus digaji dan alat yang lebih banyak untuk proses pembuatannya,” ujarnya.

Sementara itu Isna, PPL P3K Ujanmas yang merupakan pembina dari usaha Sale Pisang Maju Bersama milik Ibu Sumacik ini mengatakan pihaknya telah memberikan binaan yang di antaranya telah mengikuti sertakan produk-produk tersebut kedalam berbagai Pameran di tingkat kecamatan hingga kabupaten, serta diajak pelatihan pengepakan ke Jakarta tahun 2015 lalu.

“Kita terus melakukan binaan kepada usaha ini diantaranya memperkenalkan produk ini ke masyarakat dan pada  tahun 2015 lalu kita mengajak Ibu Sumacik ini untuk ikut pelatihan pengepakan di Jakarta. Akan tetapi kalau berupa bantuaan tunai dari instansi terkait  belum ada hanya pernah  ada dari CSR PTPN VII untuk penambahan modal sebesar 4 juta Rupiah selain dari itu belum ada,” pungkasnya.

Isna menambahkan, Usaha Maju bersama ini tidak hanya memproduksi Sale pisang dan Rimpi semata, namun juga Manisan Tomat, keripik pisang, dan Wijan keteper, dan Rempeyek Daun Sirih yang mana ketahanan makan ini dua bulan.

“Usaha Maju bersama ini dari tahun 2000 hingga sekarang dan telah memproduksi berbagai jenis panganan ringan berupa Sale pisang dan Rimpi semata, Namun juga Manisan Tomat, keripik pisang, dan Wijan keteper, dan Rempeyek Daun Sirih,” tutupnya. AFU

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here