Home Karhutla Lahan Milik PT LKK Terbakar, Warga Terhirup Asap

Lahan Milik PT LKK Terbakar, Warga Terhirup Asap

0

PALI, PE  Lahan perkebunan kelapa sawit milik PT Laras Karya Kahuripan (LKK) yang berada di Desa Tempirai, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Rabu (1/8) terbakar sehingga menimbukan asap pekat.

“Asap sangat mengganggu pernapasan kami dan setelah kami cari tahu, rupanya lahan milik perusahaan terbakar. Kami minta kepada pihak perusahaan yang memiliki lahan tidur atau gambut untuk lebih intensif patroli dan segera mengatasi kebakaran agar api dan asapnya tidak menyebar dan menggangg,” ujar Kepala Desa (Kades) Persiapan Tempirai Barat, Dedi Handayani saat dibincangi, Kamis (2/8).

Dengan adanya kejadian itu, puluhan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) PALI langsung meluncur ke lokasi untuk memadamkan api. “Sekitar satu hektar lebih lahan tersebut terbakar. Beruntung kita bisa segera menjinakan api sehingga tidak meluas,” ujar Kepala BPBD Kabupaten PALI, Junaidi Anuar SE MSi.

Dijelaskannya, lahan tersebut bukan lahan gambut melainkan lahan berair dan sebagian lahan tidur. Dimana lahan yang terbakar menjadi perbatasan antara lahan perusahaan dengan lahan milik warga.

“Kesulitan kami adalah akses menuju lokasi kebakaran sulit dijangkau, setiap kali ada lahan perusahaan terbakar, kami membuka jalur terlebih dahulu agar armada dan peralatan kita bisa masuk. Hal itulah yang memperlambat pemadaman,” jelasnya.

Karenanya, Junaidi mengingatkan pihak perusahaan maupun masyarakat harus tetap waspada dan menjaga lahannya agar terhindar dari kebakaran. “Segera hubungi kami apabila terjadi kebakaran lahan dan kami juga meminta kerjasama semua elemen dalam menginformasikan adanya kejadian kebakaran lahan, sebab selain menjaga lingkungan, juga menjaga event Asian Games yang sebentar lagi dilaksanakan bisa sukses tanpa bencana asap,” tukasnya. JOE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here