Home Headline News Tindak Tegas Pembakar Lahan

Tindak Tegas Pembakar Lahan

0

9 Titik Lahan Terbakar dipasang garis polisi

INDRALAYA, PE – Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Ogan Ilir (OI) melakukan upaya penyelidikan terhadap sembilan titik lahan dan kebun yang terbakar.

menuturkan, lahan serta kebun yang terbakar yang saat ini masuk dalam tahapan lidik berada di wilayah dalam Kecamatan Indralaya Utara, Kecamatan Pemulutan, Tanjung Batu dan titik wilayah perkebunan PTPN Cinta Manis seperti di Desa Tanjung Atap dan Kecamatan Lubuk Keliat.

“Tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka,” tegas Gazali.

Karena dikatakan orang nomor satu di jajaran Mapolres OI ini, dalam tahap penyelidikan terhadap pelaku pembakaran lahan dan kebun di Kabupaten OI, Satreskrim Polres OI sifatnya mem-back-up Tim Khusus Tindak Pidana Tertentu (Timsus Tipiter) Bareskrim Polri yang berjumlah delapan orang.

“Kemarin, tim Tipiter Bareskrim Polri sudah berada di Kabupaten OI. Artinya, dari Mabes Polri tidak main-mainlah terhadap kasus Karhutla di wilayahsumsel termasuk kabupaten OI,” terangnya.

Ketika dikonfirmasi mengenai bagaimana upaya penindakan hukum pelaku Kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) terhadap pemilik lahan baik itu lahan milik perorangan maupun lahan milik perusahaan.

Gazali menyebutkan, tentu tidak mudah penetapan status sebagai tersangka. Karena kata dia, butuh proses dan tahapan mulai dari proses penyelidikkan, pemeriksaan saksi, olah TKP.

“Kita lihat nanti, bisa kita naikkan ke proses Sidik. Saya tegaskan, Polri tidak main-main dalam upaya penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran lahan dan kebun. Oleh karena itu, saya sebagai Kapolres mengingatkan, dan mengharapkan untuk benar-benar tidak ada unsur kesengajaan dan kelalaian terhadap pemilik lahan,” bebernya.

Dia juga menyebut mengapa demikian, karena bisa saja bila ada unsur kelalaian, pemilik lahan bisa dijerat hukum. Sementara itu, berdasarkan pantauan, sejumlah lahan-lahan yang mengalami kebakaran seperti di kawasan Desa Bakung, Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara, Desa Tanjung Batu dan lahan kering di kawasan Desa-desa dalam Kecamatan Pemulutan dipasang garis Polisi (Police Line).

Kemudian di beberapa titik strategis juga terpasang spanduk bertuliskan bila lahan yang terbakar itu dibawah pengawasan dan penyelidikkan Sat Reskrim Polres OI. VIV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here