Home Sumsel Lahat Kodim 0405 Rehab Rumah dan Musala

Kodim 0405 Rehab Rumah dan Musala

0

LAHAT, PE – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tinggal menghitung hari. Guna mensuskseskan kegiatan tersebut, jajaran Kodim 0405 Lahat memulai kegiatan Pra TMMD.

Diantaranya dengan memperbaiki dua unit rumah, musala. Serta pembukaan jalan yang akan dibangun saat TMMD mendatang. Di Desa Muara Dua, Kecamatan Pagar Gunung. “Untuk PRA TMD telah dilakukan pada minggu terakhir bulan September lalu. Dikerahkan sekitar 30 personel TNI Kodim 0405 Lahat,” ungkap Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Sungudi melalui Pasiter Kapten Inf Agus Subakto, Kamis (11/10).

Lanjut Agus, untuk program TMMD ke-103 Kodim 0405/Lahat, akan membuka akses jalan usaha tani masyarakat desa setempat. Jalan sepanjang 2,6 km dengan lebar 6 meter. Sekitar 150 personel gabungan akan ikut serta dalan program tersebut, yakni dari Kodim O405 Lahat, Batalyon 141, Zipur, Denzibang, RS DKT, Lanud, Lanal, Polres Lahat dan Pemda Lahat. Pelaksanaan TMMD 16 Oktober-24 November mendatang.

“Adanya Pra TMMD ini diharapkan saat pelaksanaan TMMD nanti bisa tepat waktu dan hasil yang dicapai berkualitas,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Muara Dua, Johnidi Suhri, mengungkapkan, akses jalan usaha tani tersebut sangat bermanfaat bagi warga untuk ke sawah dan areal kebun karet. Sementara dua unit rumah yang diperbaiki pada Pra  TMMD dihuni oleh keluarga tak mampu.

“Masyarakat yang ada di Desa Muara Dua siap membantu dan mendukung bapak-bapak dari TNI. Apalagi disini akan dibangun jalan usaha tani. Kami juga berharap agar jalan bisa ditembuskan ke Desa Talang Padang, Kecamatan Mulak Sebingkai,” ungkapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), TNI akan membantu masyarkat membuka akses jalan usaha tani. Dananya sendiri digelontorkan melalui dana APBD Perubahan sebesar Rp 2 miliar. Diharapkan program TMMD tersebut dapat berjalan baik dan sukses.

Program TMMD, Letkol Kav Sungudi melanjutkan, bukan hanya pembangunan fisik, pembangunan non fisik juga dilakukan. Seperti melakukan penyuluhan pencegahan narkoba, penyuluhan anti terorisme, kesadaran bela negara dan cinta tanah air, wawasan kebangsaan, hingga penyuluhan hidup sehat.

“Jika jalan itu nanti sudah dibangun, kiranya dapat dijaga. Karena akan berdampak baik untuk masyarakat banyak. Selain itu juga bisa dibangun lagi menjadi akses antar desa. Sembari mengingatkan pada prajurit dan seluruh komponen masyarakat, untuk terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat. Jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun, yang ingin memecah persatuan dan kesatuan. BRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here