Home Sumsel Martapura Tidak Mudah untuk Dapatkan Penghargaan Opini WTP

Tidak Mudah untuk Dapatkan Penghargaan Opini WTP

0

MARTAPURA,PE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur (OKU Timur) mendapatkan penghargaan berupa opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), untuk laporan keuangan tahun 2017. Penghargaan yang diberikan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 itu, diserahkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baturaja, Gustani, yang mewakili Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Selatan, di ruang audiensi Bupati OKUT, Senin (22/10).

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, proses mendapatkan opini WTP tidak mudah, karena dalam proses pengerjaan jangan sampai salah dalam pengelolaan administrasi keuangan. Saat pengelolaan administrasi keuangan anggaran tahun kedua itu, menurut dia, masih sulit karena selalu kesulitan di aset-aset daerah.

“Saat pengelolaan administrasi keuangan tahun kedua yang memberatkan itu adalah aset daerah, karena aset penyerahan dari OKU itu sulit dan tidak jelas. Tapi untuk sekarang ini pengelolaan aset sudah membaik, dan sekarang tidak sulit lagi,” katanya.

Kabupaten OKU Timur, lanjut Bupati, ada 305 desa dan untuk dana desa sudah 95 persen telah terlaksana. Banyak desa di OKU Timur yang mencontoh desa dari Jawa, sehingga pencapaiannya sudah baik. Lalu, kata Kholid, selama ini pembangunan dana desa yang diprioritaskan ke pembangunan infrastruktur.

“Arah kebijakan selama ini adalah pembangunan infrastruktur, dan hampir 25 persen yang telah selesai. Sisanya adalah pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan potensi daerah masing-masing. Infrastruktur bagus juga harus diimbangi dengan perekonomian yang bagus juga,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala KPPN Baturaja, Gustani mengatakan bahwa walau WTP, memang tidak menjamin tak akan adanya penyimpangan suatu daerah, tetapi itu merupakan individu. Tetapi daerah yang mendapatkan WTP, kata dia, berarti keuangan daerah itu sudah mengena dan pertanggungjawabannya sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

“Kita ucapkan selamat kepada OKU Timur karena telah meraih WTP yang ke-enam ini. Lalu dana desa harus betul-betul mengena ke masyarakat,” ujarnya. Selain itu, dirinya menyampaikan, pihaknya siap melakukan koordinasi supaya pemerintah daerah untuk mendapatkan WTP. Kemudian dirinya berharap, jangan sampai tahun tahun kedepan menurun.

“Kita selalu siap untuk mendampingi pemerintah daerah untuk berkoordinasi dalam pengelolaan administrasi keuangan, agar mendapat WTP lagi. Semoga Pemda OKU Timur tidak mengalami penurunan di tahun depan, dan memperoleh hasil baik,” harapnya. SUS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here