Home Ekonomi Budidaya Jamur Tiram di OKUT Menjanjikan

Budidaya Jamur Tiram di OKUT Menjanjikan

0

MARTAPURA, PE- Tingginya permintaan jamur tiram di Kota Martapura, OKU Rimur, tak disia-siakan Ujang (30) dan Ardi (33) untuk membudidayakan jamur tiram. Dengan kapasitas produksi 50 sampai 100 kilogram per hari budidaya sangat menjanjikan, karena harga jualnya lumayan tinggi yakni Rp 15.000 ribu per kilogram.

”Melihat potensi di Martapura sangat bagus, jadi mulai mencoba untuk membuka budidaya jamur tiram. Masa produksi jamur tiram pun relatif lebih cepat, sehingga periode dan waktu panen lebih singkat,” ujar Ujang, Minggu (4/11).

Ujang mengaku memiliki 4 tempat yang digunakan untuk produksi jamur tiram dengan total keseluruhan 200 baglog, namun khusus produksi sekitar 100 baglog, sisanya untuk dijual. Untuk harga baglog yang sudah dipastikan 80% jadi, lanjutnya, dijual seharga Rp 3000 per biji dan bisa dibudidayakan oleh siapapun, cukup sediakan tempat yang nyaman untuk bibit ini.

“Namun saat ini belum begitu normal karena perubahan cuaca, dipastikan dua minggu kedepan produksinya akan normal kembali. Ada dua jenis produksi jamur tiram yang saya kelola, jamur tiram putih dan jamur tiram coklat, namun untuk yang coklat itu untuk dikonsumsi sendiri,” ungkapnya.

Menurutnya, hasil produksi 50-100 kilogram per hari mampu memenuhi permintaan pasar. Panennya jamur tiram dilakukan setiap sore. Harga di tingkat petani Rp 15.000 per kilogram. Setelah sampai pasar, harga mencapai Rp. 32.000 per kilogram. 

Awal dirinya membudidayakan jamur tiram ini kerjasama dengan temannya Ardi, warga Kumpul Sari Kecamatan Martapura. Dengan modal Rp 5.000.000, dia dan temanya mampu mengelola usahanya hingga saat ini.

Usahanya yang dikelola tersebut telah hadir sejak tahun 2014 lalu, hingga sekarang telah banyak menyuplai bibit di dalam kota. Sebagai penyedia bibit sekaligus mitra, lanjutnya, dia siap menjalin kerjasama dan konsultasi tentang jamur tiram.

“Kami belum mendapatkan kesulitan untuk memasarkan jamur tiram ini, selain pemasaran manual, kami juga memasarkan secara online,” pungkasnya. SUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here