Home Adhyaksa Sriwijaya Kajati Pimpin Rapat PAKEM Provinsi Sumsel

Kajati Pimpin Rapat PAKEM Provinsi Sumsel

0

PALEMBANG,PE-Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Selatan (Sumsel) Ali Mukartono SH MM, memimpin Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM), Selasa (6/11). Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel, Kepala Sesbangpol Provinsi Sumsel, Kakandepag Sumsel, Kabinda Sumsel, Kadis Pendidikan, Kepala Dinas kebudayaan dan Perwakilan FKU.

Kajati Sumsel, Ali Mukartono, mengatakan bahwa tim PAKEM dalah tim yang dibentuk dari gabungan berbagai unsur untuk melakukan koordinasi pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat. Di tingkat Provinsi Sumsel, tim ini bertugas melakukan pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat terhadap ajaran atau faham aliran kepercayaan masyarakat atau keagamaan yang meresahkan masyarakat.

“Karena diindikasikan menyimpang atau sesat dan atau menodai, menghina atau merendahkan satu aliran kepercayaan masyarakat suatu agama. Sehingga, dapat menimbulkan rasa kebencian, permusuhan dalam masyarakat serta dapat merusa atau mengganggu kerukunan umat beragama,”ujarnya. Lanjut dia, rapat ini lebih mengaktifkan kembali tim pengawasan agama dan aliran kepercayaan masyarakat di tingkat Sumsel, demi meningkatkan kerukunan umat beragama dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dapat juga membahas kasus pembakaran bendara HTI oleh oknum Banser di Jawa Barat, yang pada saat ini telah di putus oleh pengadilan Garut. Agar kejadian yang sama tidak terjadi di Sumsel, kita lakukan upaya deteksi dini dan lebih meningkatkan peranan Tim PAKEM sebagai upaya pencegahan penodaan agama,”ujarnya. Selain itu, dalam rapat juga dibahas isu-isu agama yang di selalu dipergunakan untuk tujuan-tujuan tertentu.”Rapat ini ditutup dengan harapan tim PAKEM ini dapat melaksanakan tugas dengan baik, dan dapat melakukan pertemuan-pertemuan yang sama secara berkala,”tukasnya. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here