Home Karhutla Latih Relawan Tangani Karhutla

Latih Relawan Tangani Karhutla

0

PALI,PE – Sebagai daerah yang masuk dalam kategori rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan paham bagaimana mengantisipasi Karhutla.

Karenanya, BPBD PALI menggelar pelatihan terhadap 250 orang relawan dalam penanganan Karhutla di lapangan terbang eks Stanvack, Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, kemarin (5/11).

Kepala BPBD PALI, Junaidi Anuar SE mengatakan, yang mendasari pelatihan tersebut, karena Kabupaten PALI sebagai daerah rawan bencana Karhutla , sehingga telah dibentuk enam desa tangguh yang berisikan relawan dari warga setempat.

“Jadi relawan inilah yang kita latih supaya menjadi SDM yang tangguh dalam memadamkan api ketika kebakaran terjadi. Selain relawan, kita juga mengajak Tim Reaksi Cepat (TRC) jadi peserta pelatihan ini untuk mematangkan kapasitasnya,” kata Junaidi disela-sela pelatigan.

Dibeberkannya, enam desa tangguh yang dibentuk itu yakni Desa Tempirai, Desa Tempirai Timur, Desa Suka Rami dan Desa Prabu Menang, Kecamatan Penukal Utara, Desa Tanah Abang Utara serta Desa Curup Kecamatan Tanah Abang.

“Kita harapkan relawan yang kita latih ini menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi dan memadamkan api sedini mungkin serta relawan dari enam desa tangguh ini bisa membantu BPBD disetiap penanganan bencana,” harapnya.

Sementara, Kepala Desa Prabu Menang, Abul Rustomi mengatakan, diwilayahnya sering terjadi kebakaran lahan saat kemarau tiba dan kendala yang dihadapi selama ini kurangnya SDM serta peralatan saat kebakaran terjadi.

“Jadi dengan adanya kegiatan ini, kami yakin setiap ada kebakaran bisa diatasi cepat, sebab selain beberapa warga kami dilatih, juga peralatan dibantu berupa mesin air,” tukasnya.JOE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here