Home Uncategorized Minimalisir Pungli, Dishub Terapkan Uji KIR berbasis IT

Minimalisir Pungli, Dishub Terapkan Uji KIR berbasis IT

0

LAHAT, PE – Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat saat mengurus uji kir kendaraan, Balai Penguji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Lahat berencana akan menerapkan Uji kir Berbasis IT, untuk setiap pos pengujian agar nantinya terintegrasi ke server dengan berbasis online. Langkah ini dilakukan untuk mencegah potensi pungutan liar.

Kadishub Lahat, Drs H Deswan Irsyad MPdi melalui Kepala Balai Pengujian Kendaraan Bermotor, Syahrul SE MM menyampaikan, setiap harinya melakukan uji kelayakan kendaraan atau kir di Dinas Perhubungan Kota Lahat, untuk kendaraan dari wilayah Lahat sendiri kurang lebih 20 sampai 25 kendaraan setiap harinya.

“Untuk itulah, melalui berbasis aplikasi mobile melalui Appstore ataupun Playstore, guna memberikan layanan yang prima kepada masyarakat,” ungkapnya, ditemui, Jumat (2/11).

Ia menambahkan, pihaknya sedang berupaya melakukan pengusulan, dengan mempersiapkan perangkat lunak, dan sejumlah sarana serta Perbaikan untuk ruang pelayanan, serta mengintegrasikan sistem IT.

“Saat ini, sedang dalam proses pengusulan, untuk dilaksanakan pada 2019 nanti, dan semoga nantinya bisa dilaksanakan,” urai Syahrul.

Pihaknya, sambung Syahrul, menyiapkan kartu uji yang berbasis IT dilengkapi dengan chip. Kartu uji ini diharapkan bisa membaca data setiap kendaraan yang masuk, sebagai pengganti buku uji. “Ini juga dilakukan untuk perkembangan untuk meningkatkan pelayanan, awalnya sistem manual berubah menjadi elektronik,” tutupnya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here