Home Sumsel Muara Dua Musim Hujan Waspada Titik Rawan Longsor

Musim Hujan Waspada Titik Rawan Longsor

0

MUARADUA. PE  – Peralihan musim terjadi, kini wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dan sekitarnya mulai di guyur hujan. Sehingga, potensi bencana alam meningkat.

Salah satu harus di waspadai ialah titik rawan longsor, di Kecamatan Sungai Are yang merupakan zona merah rawan bencana. Dimana tahun lalu, di desa ini terjadi longsor menelan 5 korban jiwa.

Namun meski hal tersebut sudah pernah terjadi, masih saja ada warga nekat menghuni rumah di lokasi rawan. Padahal di belakang rumahnya, hanya berjarak puluhan meter sudah tergerus oleh longsor.

Irul, warga pemilik rumah mengatakan, dirinya terpaksa tetap menghuni rumah tersebut karena tidak memiliki pilihan lain. Soalnya, lokasi itu merupakan satu-satunya tempat tinggalnya.

“Ya, was-was juga Mas, tapi ini merupakan tempat tinggal sekaligus tempat usaha. Untuk saat ini terpaksa bertahan, sambil ngumpulin modal cari tempat baru,” ujarnya. Senin (12/11).

Dia mengaku, ada beberapa titik lokasi rawan longsor berada di Daerah Sadau Jaya. Selain lokasi perkebunan warga, beberapa sisi jalan memiliki potensi longsor karena di bibir jurang.

Sementara itu, Camat Sungai Are, Kodrat Bedoer SE MM mengimbau Kepala Desa untuk memperingatkan warga agar jangan sampai lalai karena beberapa hari wilayah Kecamatan Sungai Are sudah mulai diguyur hujan dengan curah hujan yang cukup deras.

“Kita perlu mengingatkan kepada seluruh Kades agar memperingatkan warganya yang tinggal di lokasi rawan longsor, agar tetap waspada. Jangan sampai kejadian tahun lalu, terulang kembali,” imbuhnya. DRE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here