Home Sumsel Muara Dua 6 Rumah Warga Terancam Longsor

6 Rumah Warga Terancam Longsor

0

MUARADUA. PE – Sedikitnya ada 6 unit rumah warga di Desa Sadau Jaya, Kecamatan Sungai Are, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, terancam terkena tanah longsor.

Kendati demikian warga yang menghuni rumah dibibir jurang tetap bertahan di rumahnya, meski ancaman bahaya tanah longsor sewaktu-waktu bisa terjadi. Sementara pada 2017 lalu, sempat terjadi longsor di desa itu yang menelan 4 orang korban jiwa.  

Salah seorang warga yang masih menghuni lokasi rumah terancam longsor, Komarudin mengatakan, dia dan keluarganya terpaksa bertahan karena tidak ada pilihan lain. Soalnya, dia baru satu tahun pindah dari Lampung ke Desa Sadau Jaya untuk bertani.

“Terpaksa harus bertahan, karena belum ada tempat untuk pindah. Kondisi rumah awalnya tidak seperti sekarang, baru beberapa bulan sejak musim hujan kondisinya agak miring dan adanya retak tanah di bagian samping rumah,” imbuhnya. Rabu (02/01). 

Tak hanya itu, Komarudin mengaku was-was ketika turun hujan, Namun mereka memilih tetap bertahan, karena untuk bermalam di rumah warga lainnya jaraknya lumayan jauh.

“Kalo hujan pasti was-was, apalagi malam hari. Cuma tetap bertahan karena kalau mau bermalam di rumah warga jaraknya agak jauh. Apa lagi keluarga semua yang tinggal di lokasi ini, jadi terpaksa harus tetap bertahan,” ujarnya.

Selain rumahnya, kata Komarudin, ada 5 unit rumah warga lainnya juga terancam bencana longsor. Namun dengan alasan sama belum memiliki modal untuk pindah ke tempat lain, membuat mereka terpaksa harus bertahan. “Meski memang ancaman bencana longsor sewaktu-waktu bisa terjadi,” tambahnya. 

Sementara itu, Diyan salah seorang pengguna jalan mengatakan, tak hanya pemukiman warga, akses Jalan Provinsi disana terancam ambrol lantaran tergerus selama musim hujan. 

“Kondisi jalan coran mulai terangkat, karena bagian tengah itu mengendap, ada juga yang retak. Itu terjadi belum lama, baru sekitar 2 pekan belakangan ini,” paparnya. DRE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here