Home Ekonomi Angkutan Udara Sumbang Inflasi

Angkutan Udara Sumbang Inflasi

0

PALEMBANG, PE- Angkutan Udara menjadi penyumbang inflasi terbesar di Palembang, pasalnya Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat Desember 2018, Kota Palembang mengalami inflasi sebesar 0,96 persen, sementara inflasi year on year adalah 2,78 persen.

Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih mengatakan, inflasi di Kota Palembang bulan Desember 2018 terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada tujuh kelompok pengeluaran, yaitu kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan mengalami penurunan indeks harga sebesar 1,72 persen, kelompok bahan makanan sebesar 2,01 persen, kelompok sandang sebesar 0,29 persen,  kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,8 persen.

Sementara untuk kelompok kesehatan sebesar 0,75 persen dan kelompok perumahan, air, listrik, gas serta bahan bakar sebesar 0,25 persen. Sedangkan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga mengalami sebesar 0,76 persen.

“Selain angkutan udara, komoditas yang menyumbang andil inflasi terbesar di Kota Palembang kita mencatat antara lain daging ayam ras, angkutan antar kota, telur ayam ras, cabai merah dan lainnya,” ujarnya, Rabu (2/1).

Dirinya menjelaskan, komponen inti (core) pada Desember 2018 mengalami inflasi sebesar 0,22 persen, apalagi komponen yang harganya diatur pemerintah (administered prices) mengalami inflasi 0,32 persen dan komponen bergejolak (volatile) mengalami inflasi 0,42 persen.

Lanjut dia mengatakan, Indonesia pada Desember 2018, berdasarkan pemantauan harga selama Desmeber 2018 pada 82 Kota IHK, menunjukkan bahwa 80 kota IHK mengalami inflasi.

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kupang 2,09 persen, terendah di Kota Banda Aceh 0,02 persen. sementara untuk Deflasi tertinggi terjadi di Kota Sorong -0,15 persen dan terendah di Kota Kendari sebesar -0.09 persen.

“Kita harapkan di tahun ini pemerintah dapat menekan angka inflasi, sehingga mampu menjaganya tetap pada jalurnya. Pihaknya optimis di 2019 ini pemerintah kota hingga instansi terkait dapat berkerjasama untuk mengatasi permasalahan terjadi apalagi ini bukan fenomena yang asing di Palembang,” jelasnya. KUR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here