Home Ekonomi Penjualan Honda Naik Tipis

Penjualan Honda Naik Tipis

0

PALEMBANG, PE- PT Astra Honda Motor (AHM) optimistis kinerja penjualan sepeda motor akan melaju dalam tren positif di tahun 2019 dengan target 4,6 juta unit secara Nasional.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin menyebutkan, penjualan motor Honda ada di angka 4,4 juta unit atau setara 93 persen dari target penjualan sepanjang tahun 2018 sebesar 4,6 juta unit.

Capaian penjualan itu naik tipis sebesar 1,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Januari-November penjualannya mencapai 4,4 juta unit, Insya Allah tercapai sesuai target,” katanya, Rabu (2/1).

Pihaknya yakin, meski tak akan jauh bergeser, namun tren untuk tahun ini masih akan mengalami peningkatan. Menurutnya, kondisi ini lebih baik di tengah pasar sepeda motor yang lesu dalam tiga tahun belakangan.

“Kita optimis tahun ini akan masih stabil tapi cenderung naik. Kita ada harapan, meski kisarannya sama dengan tahun lalu, 4,7 juta-an,” imbuhnya.

Meski tidak menyebutkan detailnya, namun dari sisi produk, Muhib menyebut, sepeda motor jenis matic masih tetap mendominasi penjualan, dan akan terus berlanjut untuk tahun depan. Apalagi Honda Beat Series, menjadi jenis yang paling laris hingga saat ini.

“Skutic ini paling banyak diminati oleh konsumen kita dam Beat Series itu yang paling laris,” tuturnya.

Sementara untuk kinerja ekspor, Muhib mengatakan bahwa per November, AHM telah mengekspor sepeda motor sebanyak 164.000 unit atau 93% dari target ekspor tahun ini sebesar 175.000 unit.

Varian yang diekspor antara lain Beat, Vario, Sonic dan CB 150 R, dengan pasar yang dibagi dua, yakni ekspor dalam kondisi utuh (completely built up/CBU), antara lain Bangladesh, Filipina dan Timor Leste, serta ekspor dalam kondisi terurai atau completely knocked down (CKD), yakni Jepang, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia.

Selain yakin target ekspor tahun ini akan tercapai, Muhib pun berharap pada tahun depan, AHM bisa melakukan ekspansi ekspor. Baik dari sisi jumlah negara, volume unit, maupun varian motor. KUR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here