Home Ekonomi Penuhi Pangsa Pasar, Siapkan 300-500 Bibit F2 Jamur Tiram

Penuhi Pangsa Pasar, Siapkan 300-500 Bibit F2 Jamur Tiram

0


MARTAPURA, PE- Tingginya permintaan pasar terhadap jamur tiram di Martapura, Belitang dan Baturaja, membuat Ujang membudidayakan jamur tiram dengan kapasitas produksi  300-500 bibit perbulan.

Ujang (31) warga Petran Kecamatan Martapura mengatakan, proses pembuatan baglog sebagai media jamur, harus dilakukan dengan ahli karena takaran atau campuran harus mengikuti prosedur sehingga hasilnya maksimal. Disamping campuran tadi, baglog juga harus diberi nutrisi dan melalui skala pembanding maksimal.

Lanjutnya, dirinya menggunakan mediasi jamur tiram menggunakan jagung karena dinilai  perkembangan miselium pada bibit F2 lebih cepat, sekitar 15 hari dari inokulasi sudah dapat dipergunakan, Kualitas bibit lebih baik karena menggunakan media murni (jagung), dan reaksi perkembangan miselium pada baglog jamur tiram putih lebih cepat dan kuat.

” Bibit  dengan menggunakan jagung ini kurang sebih selama 15 hari akan dipindahkan ke baglog yang susah siap dengan suhu 20-38 derajat Celcius, dengan tingkat kelembaban sekitar 70-80%” tegasnya.

Dengan adanya penambahan bibit jamur tiram diharapkan mampu memenuhi pangsa pasar. “Karena jamur tiram ini kandungan nutrisinya sangat bagus serta memiliki kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori,” pungkasnya. SUS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here