Home Pendidikan PPDB Prioritas Calon Siswa Dekat Sekolah

PPDB Prioritas Calon Siswa Dekat Sekolah

0

PALEMBANG, PE – Tahun ini, formulasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sedikit berbeda dibanding sebelumnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI berencana akan membuat metode siswa sudah terdaftar di sekolah tujuan sesuai dengan zonasinya direspon oleh Dinas Pendidikan Sumsel.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo MPd melalui Kabid SMA Disdik Sumsel Bonny Syafrian menyebutkan pihaknya sampai saat ini belum mendapatkan arahan dari Kemendikbud, tetapi pihaknya mengaku beberapa waktu lalu memang dilakukan uji publik tentang PPDB dengan rencana akan diterbitkannya Permendikbud.

“Ya, kalau dilaksanakan secara murni zonasi nantinya PPDB akan dilaksanakan tanpa tes, tentu kita akan memprioritaskan murid yang kediamannya di dekat sekolah tujuan,” ungkap Bonny.

Lanjutnya, terkait jumlah tampung nantinya akan disesuaikan dengan daya tampung sekolah tujuan masing-masing. “Jumlah siswa yang diterima tetap mengacu aturan lama yakni menyesuaikan daya tampung sekolah masing-masing, dan kalau daya tampung penuh masih bisa pindah ke zona lain,” terangnya.

Bonny menambahkan, khusus siswa berprestasi nantinya akan disediakan kuota khusus. “Kalau siswa berprestasi akan ada kuota tersendiri nanti yang disediakan,” imbuhnya.

Tetapi, sampai saat ini pihak Dinas Pendidikan Sumsel masih menunggu Permendikbud atau Perpres yang nantinya akan diterbitkan dan setelah itu akan dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta sekolah memprioritaskan siswa yang berada di wilayah terdekatnya dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Jangan sampai siswa yang radiusnya dekat dengan sekolah harus terlempar jauh karena kalah bersaing dalam nilai ujian nasional (UN).

“Nilai UN jangan dijadikan syarat utama. Prioritaskan yang dekat biar mereka tinggal jalan kaki ke sekolah,” ujar Menteri Muhadjir. RIS/JPNN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here