Home Parlemen & Politik Tak Pandang Bulu, APK Mantan Pejabat Muba Ikut Dirobek

Tak Pandang Bulu, APK Mantan Pejabat Muba Ikut Dirobek

0

SEKAYU,PE- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Polres, Satpol PP dan Dishub Muba, melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang dinilai melanggar.

Dalam penertiban, Kamis (14/2), tim gabungan seperti tidak pandang bulu dalam menertibkan APK Caleg. Bahkan beberapa APK yang ditertibkan milik mantan pejabat, salah satunya mantan Kepala BKD Muba, H Rusydan SH MHum.

Ketua Bawaslu Kabupaten Muba, Muhammad Sarkani mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya dalam menertibkan APK yang dipasang tidak pada tempatnya sesuai aturan berlaku.

“Kita mulai pukul 08.00 WIB dengan menyusuri sejumlah jalan yang ada di Kota Sekayu, mulai dari Jalan Merdeka, Jalan Lingkar Randik, dan Jalan Kolonel Wahid Udin. Juga dalam penertiban itu, puluhan poster calon legislatif (Caleg) baik yang berada di pohon yang berada di pinggir jalan, mobil, hingga baliho dilepas,” ungkapnya.

Dia menerangkan, bahwa peserta pemilu, baik partai politik maupun caleg, sejak awal telah diberitahu terkait aturan dan tempat-tempat tidak diperbolehkan untuk dilakukan pemasangan APK, seperti tempat ibadah, sekolah, kantor pemerintah dan jalan-jalan protokol.

“Dalam penertiban acuan kita Peraturan  Bawaslu Nomor 28 tahun 2018 tentang pengawasan APK. Dimana dalam Pasal 26 disebutkan, ketika melakukan pengawasan kampanye terkait APK, maka Bawaslu wajib menertibkan. Rekomendasi ke lembaga lain, salah satunya Satpol PP sebagai eksekutor,” pungkasnya. MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here