Home Parlemen & Politik Kondisi Alam Jadi Tantangan Distribusi Logistik Pemilu

Kondisi Alam Jadi Tantangan Distribusi Logistik Pemilu

0

SEKAYU,PE- Usai melakukan pelipatan surat suara, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muba mulai melakukan pengepakan beberapa kebutuhan logistik Pemilu. Sebelum didistribusikan H-3 atau juga H-5 hari pencoblosan.

“Ya, saat ini lagi pengepakan, namun setelah itu baru kita akan mendistribusikan. Hanya saja, nanti dalam penyaluran tidak menutup kemungkinan menemui kendala salah satunya kondisi alam,” kata Ketua KPU Muba, Ir Maryadi, Jumat (29/3).

Dikatakannya, hal tersebut menjadi perhatian khusus pihaknya agar selama distribusi berjalan, tidak ada logistik yang rusak atau hancur. Karena jika terjadi, dapat menyebabkan terganggunya proses Pemilu.

“Sudah disiapkan strateginya, nanti saat distribusi dilakukan, kelengkapan kita masukkan ke dalam plastik, lalu dimasukkan ke dalam kotak. Selanjutnya, kotak suara kita bungkus juga dengan plastik, untuk menghindari basah terkena air,” bebernya.

Logistik Pemilu ini, dia menjelaskan, mulai disalurkan dari KPU Muba pada H-5 pencoblosan. Dimana daerah perairan atau pelosok, jadi prioritas utama pendistribusian. “Kita yakin distribusi nanti akan tepat waktu,” tegasnya.

Disinggung mengenai keamanan selama distribusi, Maryadi, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak keamanan, dalam hal ini Polri dan TNI, untuk melakukan pengawalan selama logistik disalurkan.

“Pengawalan sudah koordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI. Untuk kotak suara, kita sangat yakin aman dan tidak mudah rusak, meskipun nanti ditumpuk-tumpuk di dalam mobil saat distribusi. Karena kotak suara mampu menahan beban sampai 120 kg,” tandasnya. MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here