Home Parlemen & Politik KPU Muba Siapkan 25 Orang Petugas Hitung Cepat

KPU Muba Siapkan 25 Orang Petugas Hitung Cepat

0

SEKAYU,PE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin akan menyiapkan 25 orang petugas guna melakukan sistem hitung cepat pada Pemilu 17 April mendatang. Hal itu, diketahui setelah beberapa waktu lalu telah melakukan uji coba hitung cepat suara dengan aplikasi SITUNG, yakni menggunakan scaner data formulir C1 dari TPS di tingkat Kecamatan yang langsung terkoneksi ke server KPU RI

“Ya, kita sudah simulasi yang mana dari formulir Model C1, baik untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten melalui aplikasi SITUNG,” kata Komisioner KPU Divisi Teknis Khairul Anam, Selasa (26/3).

Dikatakannya, untuk mengoperasikan aplikasi ini, KPUD Muba akan melibatkan sekitar 25 orang operator, beberapa orang verifikator, dan koordinator SITUNG. “Tugas operator, memindai dan mengentri formulir hasil penghitungan suara di TPS, PPK, dan KPU Kabupaten maupun Kota. Sementara tugas verifikator, untuk memastikan kesesuaian data yang ada di formulir, dan yang dimasukkan ke dalam aplikasi. Sedangkan koordinator bertugas untuk mengkoordinir seluruh proses yang dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Teknis KPU Kabupaten Muba M Ali menambahkan, bahwa aplikasi ini hanya bisa dioperasikan melalui komputer yang sudah diregistrasikan dan oleh operator, verifikator, serta kooordinator yang didaftarkan ke KPU Pusat.

‚ÄúSITUNG merupakan salah satu wujud transparansi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam memantau dan mengontrol hasil Pemilu. Sistem informasi ini hanya alat bantu, sedangkan penetapan hasil penghitungan suara tetap dilakukan melalui pleno rekapitulasi berjenjang sesuai dengan PKPU Nomor 3 tentang pungut hitung PKPU, Nomor 4 tentang rekapitulasi PKPU nomor 5 tentang penetapan pemenang Tahun 2019,” bebernya.

Selain itu, untuk antisipasi adanya gangguan pada jaringan saat hitung cepat dilakukan KPUD Muba akan melayangkan surat pada pihak PT Telkom.

“Kita juga akan layangkan surat ke pihak PLN untuk meminta agar pada hari pelaksanaan penghitungan suara agar bisa membantu untuk tidak melakukan pemadaman. Sejauh ini, proses uji coba yang dilakukan berjalan baik. Tim SITUNG berhasil melakukan input data dari hasil C1 yang diujikan. Meskipun demikian, pihaknya akan terus berupaya melakukan peningkatan sehingga nantinya bisa beroperasi optimal pada hari perhitungan,” tukasnya. MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here