Home Pendidikan Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Muratara Kembangkan Perpustakaan Digital

Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Muratara Kembangkan Perpustakaan Digital

0

MURATARA, PE- Masih kurangnya minat baca masyarakat untuk berkunjung langsung ke Perpustakaan Daerah (Pusda) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), karena masih banyak beranggapan Pusda adalah Kantor Dinas Pemerintah.

Atasi anggapan tersebut dan ditengah kemajuan akses internet melalui smartphone saat ini, Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Muratara lakukan inovasi dengan kembangkan Perpustakaan Digital yang berbasis website yang dapat diakses melalui internet.

Diungkapkan Kepala Dispersip Herawati S, Pd MM melalui Kabid Pelayanan Bahan Perpustakaan, Jamiludin, pihaknya saat ini sedang berinovasi mengembangkan perpustakaan digital untuk meningkatkan minat baca di masyarakat. Karena selama ini masih banyak anggapan, Pusda itu adalah kantor dinas karena letaknya yang menyatu.

“Oleh karena adanya anggapan tersebut yang membuat Pusda dianggap kantor dinas, masyarakat akhirnya sungkan untuk berkunjung ke Pusda ini,’’ ujarnya, Rabu (20/3).

Jadi berlatar belakang dari hal itu, pihaknya mengembangkan berbagai inovasi untuk memudarkan anggapan tersebut, salah satunya Pusda Digital bebasis website yang dapat diakses melalui internet. Karena selama ini juga yang berkunjung banyak dari siswa-siswa sekolah saja, sementara dari mahasiswa serta umum masih sangat kurang.

Menurutnya, dengan adanya Pusda Digital tersebut masyarakat dapat mengaksesnya semua buku-buku yang ada melalui smartphone di website http//perpusmuratarabangkit. Id.

“Ke depan kita akan relokasi semua koleksi buku ke web tersebut, dan website tersebut dapat dibuka secara umum bagi masyarakat tanpa harus melakukan registrasi,” sambungnya.

Terkait sistem pemantauan karena website ini baru diselsaikan pada akhir Desember lalu, saat ini pihaknya masih menbukanya untuk umum dengan terus dilakukan pengembangkan untuk melihat data pengunjung. Ditambah saat ini juga untuk Pusda, pihaknya juga memberikan les komputer gratis bagi siswa untuk praktik setiap harinya.

“Mudah-mudahan dengan berbagai inovasi ini, kita dapat menumbuhkan minat baca masyarakat dan siswa dalam pengembangan literasi dari berbagai sumber bacaan yang ada,’’ harapnya. SON.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here