Home Parlemen & Politik Dapil Terjauh Jadi Prioritas Distribusi Logistik Pemilu

Dapil Terjauh Jadi Prioritas Distribusi Logistik Pemilu

0

SEKAYU,PE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) akan mendahulukan kecamatan yang terjauh maupun terisolir, untuk pendistribusian logistik pemilihan umum (Pemilu) Presiden/wakil Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD provinsi serta DPRD Kabupaten, pada 17 April nanti.

Ketua KPU Kabupaten Muba, Ir Maryadi kepada awak media usai Rakor Kesiapan Pendistribusian Logistik Pemilu mengatakan, pendistribusian logistik Pemilu akan mendahulukan Kecamatan terjauh dan sulit dijangkau seperti Kecamatan Lalan, Bayung Lencir dan Tungkal Jaya, yang mana kecamatan tersebut masuk dalam Daerah Pemilihan (Dapil) 3.

“Ya, pada 11 April akan kita mulai sebarkan secara seremonial. Namun, pada hari tersebut didahulukan dapil 3,” kata Maryadi, Selasa (9/4).

Selanjutnya, pada 12 April dan seterusnya dapil 4 meliputi Kecamatan Lais, Sungai Lilin dan Babat Supat, lalu Dapil 2 yakni Kecamatan Lawang Wetan, Plakat Tinggi, Batanghari Leko, Sanga Desa dan Babat Toman. Sedangkan, yang terakhir dapil 1 Kecamatan Sekayu, Sungai Keruh dan Keluang

“Kalau untuk kendaraannya, setiap dapil berbeda ataupun sama seperti dapil 1, 2 dan 4 dikerahkan 23 kendaraan. Sementara, dapil 3 ada 50 mobil mengingat kondisi dapil 3 memang jauh dan perairan,” jelasnya.

Lanjut Maryadi, setelah dilepas nanti logistik akan didrop ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) barulah nanti H-2 didistribusikan ke PPS. “H-1 semua logistik sudah ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ucapnya.

Disinggung masalah kendala dihadapi nanti, hingga saat ini masalah krusial belum ada. Hanya saja laporan dari PPK Lalan didaerah tersebut sinyal mengalami gangguan sehingga menghambat komunikasi. Namun begitu, dipastikan pihaknya langsung akan berkomunikasi dengan provider untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut.

“Yang jelas, kendala hanya sinyal itu saja. Untuk krusial tidak ada. Nah, kalau untuk daerah perairan Insha Allah tidak akan mengalami gangguan, sebab diimbau untuk menyiapkan alat tambahan contohnya terpal dalam rangka mengantisipasi hujan,” bebernya.

Sementara, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, melalui Kasat Intel, AKP Handrianto, mengatakan, pengawalan distribusi logistik akan dilakukan pihaknya hingga sampai ke TPS.

“Nanti, saat tiba di PPK, logistik akan disambut, dikawal dan dijaga anggota kita dari Polsek. Logistik nantinya ditempatkan di lokasi yang telah disediakan oleh PPK. Saat distribusi ke PPS juga akan dikawal,” tandasnya. MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here