Home Parlemen & Politik Datangi Kantor KPU Sumsel Lagi, Ratusan Mahasiswa Tagih Janji Pemilu Jurdil...

Datangi Kantor KPU Sumsel Lagi, Ratusan Mahasiswa Tagih Janji Pemilu Jurdil Tak Memihak

0

PALEMBANG, PE – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Palembang Peduli Demokrasi kembali mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (26/4) sore.

Kedatangan mereka untuk menagih janji KPU menyelenggarakan pemilu secara jujur dan adil, serta tidak memihak.

Koordinator Aksi, Dani dalam orasinya menyampaikan tuntutannya kepada KPU Sumsel agar melaksanakan penyelenggaraan pemilu secara jujur dan adil.

“H-2 sudah kita datangi untuk meminta komitmen KPU Sumsel agar melaksanakan penyelenggaraan secara jujur dan adil. Dan kami merasa kecewa dengan penyelenggaraan pemilu 2019, 17 april yang lalu,”ungkap Dani.

Pihaknya mempertanyakan kerja KPU dalam mengawal pelaksanaan pemilu serentak.

“Banyak sekali pelanggaran secara masif dilakukan, surat suara tercoblos, kurang surat suara pilpres, sampai kotak suara yang tak digembok,” tegasnya.

Ratusan mahasiswa tersebut akhirnya ditemui Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana. Selain menemui massa, KPU juga mengajak tujuh perwakilan massa untuk audiensi bersama pihak KPU.

Dalam pertemuan tersebut disepakati dan setujui bersama dengan ketua KPU Sumsel.

“Pertama kami minta KPU mengkalrifikaai setiap kejanggalan dan pelanggaran dalam pemilu 2019 melalui media masa, kemudian kami minta KPU melaporkan setiap kejanggalan yang ada ke bawaslu, lalu meminta KPU untuk mendesak pemda memberikan kompensasi terhadap semua anggota KPPS yang sakit dan meninggal dunia. Jika tidak dilanjutkan serta melaporkan semua kejanggalan, maka kami yang akan bertindak,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya telah bekerja berdasarkan azaz- azas penyelenggaraan pemilu, jujur adil, profesional.

“Apa yang menjadi tuntutan massa ini sudah kami jalankan, dan kita bekerja sesuai dengan PKPU. Kami sudah melakukan semua proses tahapan pemilu serentak ini dengan transparan,”ujar Kelly. BET

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here