Home Sumsel Honor Sat Linmas Tahun 2018 Diduga Disunat Oknum Kades

Honor Sat Linmas Tahun 2018 Diduga Disunat Oknum Kades

0

MURATARA, PE- Banyaknya masyarakat yang belum mengetaahui adanya honor bulanan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) desa yang telah diangarkan dalam APBDesa sejak tahun 2018 lalu, sepertinya menjadi peluang tangan nakal bermain.

Seperti yang terjadi Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Nibung, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Di desa itu, diduga Honor Sat Linmas tahun 2018 telah disunat oknum kades setempat.

Karena honor yang seharusnya diterima sebesar Rp 600.000 perbulan untuk setiap anggota Sat Linmas dari empat anggota Sat Linmas Desa, diluar biaya atribut Sat Linmas sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) APBDes, hanya diterima Rp 900.000 setiap angota Sat Linmas selama tahun 2018.

Tak hanya itu, dari honor tersebut diduga juga dilakukan pemotong sebesar 500.000 per orang untuk pembuatan atribut seragam Linmas oleh oknum Kades. Sehingga para Linmas, hanya menerima Rp 400.000 saja selama 2018.

Diungkapkan Abang, salah satu anggota Sat Linmas Desa Tebing Tinggi, dia pernah menerima honor hanya satu kali dari awal sejak bertugas sebagai Linmas Desa, dengan besarnya Rp 900.000 ribu. Honor itu dia dapat sekitar November 2018 lalu. “Namun honor yang saya terima hanya Rp 400 ribu, karena oleh oknum Kades dipotong Rp 500.000 untuk seragam Linmas,’’ ungkap Abang, Senin (1/4).

Hal yang sama juga diungkapakan Awit, mantan Sat Linmas Desa Tebing Tinggi. Menurut Awit, dia juga menerima angka yang sama selama tahun 2018, yakni Rp 900 ribu. Dia tidak mengalami pemotongan honor untuk seragam, karena saat itu dirinya disuruh oknum Kades istirahat (diberhentikan, red) karena dianggap tidak pro dengan pejabat tersebut.

Saat dikonfirmasi, oknum Kades berinisial SB, menjelaskan bahwa honor Sat Linmas tahun 2018 telah diberikan kepada empat anggota Linmas bersama bajunya, yakni Abang, Lukit, David dan Irul. Untuk 2019, lanjut dia, menjadi 10 anggota Linmas berdasarkan pelantikan beberapa waktu lalu. Ditanya besaran honor Linmas, SB lantas memperlihatkan juknis honor Linmas, tetapi yang diperlihatkan Juknis tahun 2019.

Sementara Kepala DPMD-P3A Kabupaten Muratara Hj Gusti Rohmani melalui Kabid Pemdes Zulian Putra mengungkapkan, terkait honor Sat Linmas Desa pada tahun 2018 telah dianggarkan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) APBDes tahun 2018 dengan besaran Rp 600.000 per Sat Linmas. “Sesuai juknis hanya 4 orang Linmas, dan itu terpisah dengan biaya seragam, “ ungkapnya.

Kalau memang seperti itu, menurut dia, pihaknya akan memanggil oknum kades tersebut karena dia nilai sudah menyalahi juknis yang ada. Kecuali berdasarkan keputusan musyawarah untuk dibagi rata, lebih dari 4 orang Linmas.

Terkait pemotongan pemotongan honor untuk seragam, dia menyatakan hal itu salah karena sesuai juknisnya biaya seragam itu terpisah dan diluar honor Linmas. “Jadi untuk itu saya mengimbau kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Muaratara agar pergunakanlah Dana Desa yang ada sesuai juknisnya, agar tidak terjadi kekeliruan dan kekacauan dalam pengunaan dana tersebut, “ tegasnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here