Home Parlemen & Politik Jalankan Edaran KPU RI, Sosialisasi Tambahan Waktu bagi Pemilih DPTb

Jalankan Edaran KPU RI, Sosialisasi Tambahan Waktu bagi Pemilih DPTb

0

SEKAYU,PE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muba tengah menjalankan edaran KPU Republik Indonesia, terkait penambahan batas waktu bagi pemilih untuk mengurus Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) hingga 10 April mendatang.

“Ya, kita sekarang ini menindaklanjuti edaran KPU RI, Nomor 20/PUU-XII/2019 terkait batas waktu pemilih untuk mengurus DPTb. Yang mana menlatar belakangi edaran itu yakni putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor 20/PUU-XII/2019, pasca dikabulkanya 7 gugatan yang diajukan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem),” terang Komisioner KPU Kabupaten Muba, Divisi Hukum, Yupizer SH, Senin (1/4).

Lanjutnya, dari edaran itu saat pihaknya telah mulai melakukan sosialisasi baik ke PPK,PPS hingga ke masyarakat, dengan memasang pengumuman.

“Artinya, batas waktu untuk Pemilih mengurus DPTb itu sekitar tanggal 10 April 201 ini, sudah mulai kita sosialisasikan,” ucapnya.

Saat ini, Yupizer menyebut, untuk DPTb yang menggunakan Formulir A-5 yang terdata di KPUD Muba masih fluktuatif. Terdata hingga kemarin sebanyak 1.944 pemilih yang masuk ke Muba. Sementara pemilih yang keluar dari Muba, sebanyak 1.491 orang.

“Untuk jumlah Daftar pemilih Khusus (DPk) 1.476 pemilih, terdiri dari jumlah laki-laki 729, perempuan 747 pemilih. DPk ini merupakan pemilih yang tidak terdaftar pada DPT dan DPTb,”terangnya.

Sedangkan TPS khusus, untuk di Muba ada empat TPS yang dijadikan TPS khusus, 3 TPS di Lapas yakni TPS 30,31,32 dan 1 TPS di RSUD Sekayu yakni TPS 27.

“Untuk TPS sendiri, kami pastikan tidak ada penambahan jumlah TPS. Untuk data pemilih DPTb dan DPK sendiri, semua sudah disebar ke seluruh TPS yang ada,” tukasnya. MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here