Home Sumsel Martapura Musim Pancaroba, RSUD Martapura Banyak Tangani Pasien DBD

Musim Pancaroba, RSUD Martapura Banyak Tangani Pasien DBD

0

MARTAPURA, PE- Musim pancaroba atau musim peralihan dari kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya, berkaitan erat dengan beberapa gangguan kesehatan seperti flu, batuk, pilek, demam, gangguan saluran napas, masuk angin, influenza, gangguan pencernaan seperti diare,tifus abdominalis dan DBD.

Kemunculan penyakit-penyakit tersebut kasusnya menjadi tinggi pada awal perubahan musim atau pancaroba, karena banyaknya kotoran yang menjadi vektor bagi bakteri dan virus penyebab penyakit, juga tak lepas dari pola pengkonsumsian makanan. Penyakit tersebut dapat timbul karena adanya bakteri atau virus yang mencemari makanan atau minuman.

Dalam 3 bulan trakhir Rumah Sakit Umum Martapura telah banyak menangani beberapa pasien rawat inap, salah satunya ada 36 pasien terjangkit penyakit DBD. Dalam hal tersebut, rumah sakit umum selalu siaga dalam pelayanan.

Menurut Direktur RSUD Martapura Dr Dedi Damhudi mengatakan, saat memasuki pergantian musim, disarankan untuk meningkatkan upaya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit pada saat musim pancaroba. Terutama, masa pergantian musim kemarau ke musim penghujan ini.

“Untuk pasien DBD yang dirawat inap dibulan Januari ada 24 kasus, di bulan Februari ada 12 kasus, hingga total 36 kasus penyakit DBD yang ditangani rumah sakit,” tegasnya.

Untuk pelayanan sendiri, RSUD Martapura selalu siap siaga dalam 24 jam. “Kita selalu ada dokter yang langsung memberikan pelayanan kepada pasien dengan semaksimal mungkin, jadi pasien tidak perlu khawatir dengan pelayanan,’’ pungkasnya. SUS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here