Home Parlemen & Politik Parpol Tak Lapor LPPDK, Caleg Terpilih Terancam Tak Dilantik

Parpol Tak Lapor LPPDK, Caleg Terpilih Terancam Tak Dilantik

0

SEKAYU,PE- KPU Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memberikan imbauan bagi seluruh Partai Politik (Parpol) yang ikut Pemilu serentak 17 April lalu, untuk menyampaikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran dana Kampanye (LPPDK).

Bagi parpol yang hingga sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan belum menyampikan laporan LPPDK, maka ada sanksi tegas bagi parpol tersebut yakni calegnya yang terpilih tak akan dilantik.

Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Muba, Yupizer SH mengatakan, untuk parpol segera menyampaikan LPPDK.

“Kami ingatkan, kepada seluruh parpol agar segera melaporkan LPPDK kepada KPU Muba,” kata Yupizer, Kamis (25/4).

Dia menerangkan, untuk jadwalnya sendiri mulai pada 26 April hingga 1 Mei mendatang. Juga bagi parpol yang mau berkonsultasi mengenai pelaporan LPPDK, diberikan waktu pada 23 hingga 25 April 2019 pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. “Artinya pada waktu kerja,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bagi parpol yang hingga sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan belum menyampikan laporan LPPDK, maka ada sanksi tegas bagi parpol tersebut.

“Sesuai Pasal 68 Peraturan KPU Nomor 34 Tahun 2018 tentang Perubahan kedua atas Peraturan KPU Nomor 24 Tahun 20 tentang Dana Kampanye Pemilihan Umum, Partai Politik Peserta Pemilu 2019 tingkat Kabupaten/Kota yang tidak menyampikan laporan LPDDK ke KPU Muba yang ditunjuk oleh KPU sampai batas waktu ditetapkan, maka tidak akan ditetapkan sebagai calon legislatif terpilih,”terangnya.

Sambung Yupizer, agar laporan LPPDK sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Untuk syaratnya sendiri, berkas LPPDK yang akan diserahkan Parpol ke KPU Muba terdiri dari 1 naskah rangkap asli untuk KAP. 2 rangkap salinan naskah asli untuk KPU Provinsi Sumsel dan KPU Muba.

“Kita juga sudah menyampaikan kepada seluruh Parpol melalui surat edaran KPU Muba nomor 295/PL.06. 1-SD/1606/KPU-Kab/IV2019 tentang penyampaian LPPDK,” pungkasnya. MUH

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here