Home Parlemen & Politik Pleno Terbuka Kok Kesannya Dilaksanakan Tertutup?

Pleno Terbuka Kok Kesannya Dilaksanakan Tertutup?

0

MURATARA, PE- Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu Pileg dan Pilres tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), mengundang pertanyaan sejumlah pihak. Soalnya, terkesan kurang transparan karena dilakukan seperti tertutup.

Pasalnya dalam rapat pleno yang digelar KPUD Muratara, Rabu (8/4), pihak-pihak yang diperbolehkan masuk hanya saksi peserta Pemilu maksimal 4 orang. Dengan ketentuan yang diperbolehkan mengikuti rapat pleno hanya 2 orang saksi, dan awak media yang meliput jalanya pleno.

Pantauan Palembang Ekspres dilokasi jalannya pleno, pengamanan tampak dilakukan ketat oleh aparat kepolisian dan TNI, dengan lokasi rapat yang dikelilingi pagar seng dan kawat berduri. Pihak yang diperbolehkan masuk harus mengikuti pemeriksaan dan pengeledahan barang bawaan saat berada dipintu masuk lokasi rapat, oleh aparat kepolisian.

Diungkapkan Badri, salah satu masa pendukung salah satu caleg, dia hanya berada di luar lokasi rapat pleno. Badri mempertanyakan pleno yang katanya terbuka, tetapi seperti tertutup karena hanya diperbolehkan 2 orang saksi saja yang masuk.

“Apakah ini namanya transparan, lihat saja yang masuk juga harus ditanya ini dan itu,” ungkapnya.

Sementara Iwayan Kocap, salah satu caleg dan Anggota DPRD Muratara mengungkapkan, pengamanan dan steril tempat jalannya rapat pleno mungkin dianggap perlu agar pleno berjalan lebih fokus.

“Selain juga tugas masyarakat yang menyalurkan suaranya sudah selesai, dan saat ini kita serahkan kepada saksi-saksi dan penyelenggara Pemilu,” tuturnya.

Sementara itu Ketua KPUD Kabupaten Muratara, Agus Marianyo, saat ditanya terkait arti rapat pleno terbuka dengan pelaksanaan yang sepertinya disterilkan, menjelaskan bahwa standar operasional prosedur (SPO) pihak keamanan sudah seperti itu dalam melakukan pengamanan. “Nanti teman-teman bisa tanya langsung pihak kepolisian,” jelasnya singkat. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here