Home Sumsel Banyuasin Puasa, Jam Kerja ASN Dipangkas 1 Jam

Puasa, Jam Kerja ASN Dipangkas 1 Jam

0

BANYUASIN.PE-Selama bulan Ramadan 1440 Hijriyah/2019 Kementrian Pendayaan Aparatur Negara /Reformasi Birokrasi memberlakukan jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Atutan itu dikuatkan surat edaran yang diberlakukan kepada setiap instansi pemerintah, termasuk Pemkab Banyuasin.

Di dalam edaran itu jumlah jam efektif bagi instansi pemerintah pusat dan daerah yang melaksanakan lima atau enam hari kerja selama Ramadan, minimal 32,50 jam per minggu. Ketentuan pelaksanaan mengenai jam kerja, diatur oleh pemerintah pusat dan daerah masing-masing dengan menyesuaikan situasi dan kondisi setempat.

Hazairin Zaini, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Banyuasin mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan surat edaran Menpan terkait pengurangan jam kerja pegawai negeri sipil atau Aparatur Sipil Negera.

”Sudah kita dapatkan surat edaran dengan Nomor 394 tertanggal 26 April 2019 mengenai jam kerja PNS pada bulan Ramadan,”ujarnya Hazairin.

Setelah itu akan ditindaklanjuti dengan membuat surat edaran Bupati Banyuasin, dan akan menjadi pedoman bagi para Aparatur Negara Sipil untuk mengikuti aturan tersebut.”Kami berpedeoman dengan Surat Edaran Kemenpan RB, dan akan segera disosialisasikan kepada pegawai,”tukasnya.

Masih kata Hazairin, kalau nantinya untuk jam kerja ASN untuk hari Senin – Kamis masuknya pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB. ”Maka pada bulan Ramadan berkurang satu jam, dari sebelumnya yaitu pukul 16.00 WIB,”bebernya.

Sedangkan untuk waktu istirahatnya yaitu 12.00 – 12.30 WIB, yaitu sekitar setengah jam lamanya. Untuk hari Jumat, ASN akan masuk kerja pukul 08.00 dan pulang pukul 14.30 WIB.”Tapi untuk waktu istirahatnya selama satu jam, mulai dari 11.30 hingga 12.30 WIB, itu untuk menjalani Salat Jumat dan lain sebagainya,”imbuhnya.

Diharapkan kepada ASN dilingkungan Pemkab Banyuasin, dapat melaksanakan surat edaran itu, agar pelaksanaan pelayanan publik di Kabupaten Banyuasin dapat berjalan dengan baik dan lancar. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here