Home Sumsel Martapura Waspada, Debu Biang Penyakit Saat Musim Kemarau

Waspada, Debu Biang Penyakit Saat Musim Kemarau

0

MARTAPURA, PE-Pemerintahan Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kesehatan OKU Timur mengimbau masyarakat agar mewaspadai berbagai macam penyakit, yang muncul saat musim kemarau saat ini. Terutama debu yang berterbangan di makanan, sebab debu salah satu biang penyakit yang menyerang.

“Di antara penyakit yang rentan menyerang masyarakat pada musim kemarau saat ini adalah batuk, demam, diare dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA),” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kab OKU Timur, Zainal Abidin S, SiT, MM, kemarin.

Dia mengatakan, penyakit ISPA bisa menyerang setiap orang karena saat kemarau debu yang berterbangan berkemungkinan besar masuk pada rongga pernafasan.

“Masuknya debu ke rongga pernafasan maka tubuh akan menolaknya, sehingga bisa memunculkan batuk maupun bersin yang membuat rongga tersebut luka atau pun infeksi,” katanya.

Jika demikian, maka serangan demam pada masyarakat juga akan tinggi dan ini harus diwaspadai. Selain itu, penyakit diare yang biasanya sering menyerang masyarakat saat musim hujan juga bisa berpotensi besar terjangkit saat kemarau.

Hal ini karena debu yang berterbangan ditiup angin, dan masuk pada sumber maupun wadah penampungan air yang dipergunakan warga untuk minum.

“Jika air sudah tercampur debu, maka diare akan mudah menyerang warga. Maka saya imbau agar warga mau menutup tempat penampungan air, serta wadahnya guna mengurangi risiko terserang diare. Untuk mengatasi penyebaran penyakit saat kemarau, petugas Puskesmas akan lebih banyak memberikan penyuluhan terhadap masyarakat,”jelasnya.

Pihaknya lanjutnya, sudah instruksikan setiap Puskesmas di daerah itu untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang kemungkinan penyakit yang berkembang saat kemarau serta pencegahannya. Sedangkan ketersedian obat-obatan, masih mencukupi untuk melayani masyarakat.

“Obat tidak perlu dikhawatirkan karena stok kita masih mencukupi. Terpenting warga harus ekstra bersih, apa lagi ini bulan puasa banyak makanan yang dijual di pasar dan di jalan- jalan raya, jadi harus hati hati memilih makanan, “pungkasnya. SUS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here