Home Hiburan Kejari Limpahkan Kasus 5 Komisoner KPU ke PN Palembang

Kejari Limpahkan Kasus 5 Komisoner KPU ke PN Palembang

0

PALEMBANG, PE- Usai dilakukan penelitian, akhirnya tim dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Perkara Pemilu Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang melimpahkan berkas lima tersangka dugaan tindak pidana pemilu di Pengadilan Negeri (PN) Klas 1 A Khusus Palembang, Rabu (3/7).

Ursula Dewi SH dan Indah Kumala Sari SH, perwakilan JPU, usai mengantarkan pelimpahan berkas mengatakan, pihaknya telah melimpahkan berkas lima tersangka dugaan pelanggaran Pemilu ke PN Palembang dan akan menunggu penetapan persidangan.

“Kemungkinan besok (4/7) akan langsung sidang. Karena ini seminggu harus selesai,”ujarnya.

Untuk tim JPU sendiri, lanjutnya, akan terdiri dari empat orang yakni Yulianingsih SH, Rico Budiman SH, Ursula Dewi SH dan Indah Kumala Sari.

“Untuk hakim sudah ditunjuk yakni Mulyadi, Sobur dan Waka PN,”ujar sumber internal di PN Palembang.

Seperti diketahui, Kejaksaan Negeri Palembang memberikan waktu kepada para tersangka sampai pukul 10.00 WIB hari ini untuk hadir memenuhi panggilan. Namun sampai batas waktu yang telah ditentukan, para tersangka tetap mangkir.

Sehingga tim jaksa tetap menerima pelimpahan tahap dua dari penyidik kepolisian, dan hal itu juga sudah sesuai dengan Pasal 80 ayat 4 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Adapun dalam kasus ini terdapat 35 saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan, diantaranya, warga, anggota KPPS dan ahli.

Sedangkan kelima Komisioner KPU termasuk ketua ditetapkan sebagai tersangka setelah menerima laporan Bawaslu Palembang, karena KPU dianggap tidak menjalankan rekomendasi secara penuh terkait Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) saat Pemilu 2019 lalu.

Atas perbuatan tersebut, para tersangka dijerat Pasal 510 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pemilu dengan ancaman hukuman maksimal 2 tahun penjara.

Sebelumnya, usai menerima pelimpahan berkas 5 komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pelanggaran pemilu dari penyidik Polresta Palembang beberapa waktu lalu, akhirnya tim penyidik Gakkumdu Kejari Palembang mengembalikan berkas kepada penyidik Gakkumdu Polresta Palembang guna dilengkapi

Sementara itu, Panitera Muda (Panmud) Pidana PN Palembang, Marduan SH mengatakan, pihaknya telah menerima pelimpahan berkas tindak pidana Pemilu dengan lima tersangka. “Untuk hakim yakni Erma Suharti SH MH, Mulyadi SH dan Sobur SH, sedangkan untuk jadwal belum ditetapkan,”tukasnya. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here