Home Sumsel Mendaki Gunung Seminung Jadi Tren Kawula Muda

Mendaki Gunung Seminung Jadi Tren Kawula Muda

0

MUARADUA. PE – Mendaki puncak gunung tengah digandrungi banyak kaum muda di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Salah satu puncak gunung yang belakangan kerap dituju, yakni Gunung Seminung di Danau Ranau.

Namun, sayangnya terkadang niat untuk mendekatkan diri pada alam tidak disertai rasa tanggung jawab sehingga menyisakan sampah-sampah menumpuk di jalur pendakian hingga di puncak Gunung Seminung.

Gunung Seminung memiliki bentuk mengerucut ke bagian atas, sehingga pendakian menanjak adalah menu di rute pendakian. Bahkan di beberapa titik ada bagian yang sangat curam, dan dibutuhkan beberapa tali untuk alat bantu mendaki, tetapi masih dalam kategori yang aman dan cukup mudah untuk didaki.

Pendaki akan melalui pohon-pohon besar khas hutan tropis di kanan kiri rute. Jika beruntung pendaki juga bisa melihat satwa langka, seperti siamang dan juga rangkong saat mendaki.

Silfan Andika, salah satu pemuda yang aktif melakukan pendakian mengatakan, dia bersama berbagai komunitas melakukan pendakian bersama ke Gunung Seminung 1881 mdpl untuk melakukan bersih-bersih pungut sampah di jalur pendakian hingga puncak Gunung Seminung, 3-4 Juli 2019.

“Mohon kawan-kawan pendaki apabila melakukan pendakian di puncak Gunung Seminung, diharapkan bawa lagi sampah saat turun gunung. Jangan tinggalkan sampah. Kita semua harus menjaganya agar Gunung Seminung tetap indah,” ucapnya.

Dikatakannya, pendakian merupakan pengalaman luar biasa, karena diikuti peserta dari daerah tetangga, dan pemuda dan pemudinya aktif dalam pendakian.

“Dari sinilah antar pemuda baik dari OKU Selatan maupun dari pemuda luar daerah saling kenal, tentunya menjalin tali silaturrahmi,” katanya. DRE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here