Home Sumsel Lahat Usai Deklarasi, Besok Warga Desa Pagar Batu Bakal Datangi Pemda Lahat

Usai Deklarasi, Besok Warga Desa Pagar Batu Bakal Datangi Pemda Lahat

0

LAHAT, PE – Warga Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Selasa (9/7) sore menggelar deklarasi lahan prioritas reforma agraria (LPRA) seluas 180,36 Hektar. Turut dalam deklarasi tersebut Kepala Desa Pagar Batu, Ketua BPD, Ketua Gerakan Tani Sumatera-Selatan, Ketua Gerakan Tani Desa Pagar Batu, Forum Pemuda-Pemudi Pagar Batu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, beberapa OKP di Kabupaten Lahat, dan Kelompok Aktivis.

Deklarasi tersebut sendiri sebagai bentuk perjuangan untuk mendapatkan kembali yang diklaim warga diserobot oleh perusahaan yang berada di kawasan desa. Rencananya, Rabu (10/7) besok seluruh warga Desa Pagar Batu akan mendatangi Pemda Lahat, untuk menyampaikan aspirasi warga.

Ketua Forum Pemuda-Pemudi Pagar Batu, Febro Haryono mengatakan, deklarasi ini merupakan perjuangan puncak. Setelah sebelumnya berbagai usaha yang mereka lakukan tidak membuahkan hasil.

“Sudah cukup lama melakukan perjuangan untuk mendapatkan hak lahan kita. Sudah dilakukan dengan cara baik-baik maupun juga unjuk rasa. Kali ini akan menjadi final perjuangan. Besok kita semua akan datang ke Pemda Lahat. Sebagai perjuangan puncak. Kita tidak akan pulang sebelum mendapatkan hak kita ini,” ungkap Febri Haryono.

Sementara itu, Ketua Gerakan Tani Desa Pagar Batu, Andriansyah menegaskan, bahwa gerakan tani lahir dari sinergi untuk mengambil hak tanah yang menurut mereka sudah diserobot oleh PT. Arta Prigel.

“Tanah itu adalah milik tanah nenek moyang yang hingga saat ini diduga PT. Arta Prigel sudah memperpanjang HGU. PT tersebut tanpa kontribusi nyata kepada masyarakat. Maka dari itu seluruh elemen desa Pagar Batu tidak ada kompromi selain kembalikan tanah Desa Pagar Batu,” tegasnya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here