Home Sumsel Kayu Agung Bupati OKI Pimpin Apel Gerakan Pencegahan Dalkarlabun

Bupati OKI Pimpin Apel Gerakan Pencegahan Dalkarlabun

0

KAYUAGUNG, PE – Bertempat di Kebun Hikmah I PT Sampoema Agro, Desa Sumber Hidup Kecamatan Pedamaran Timur, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE memimpin Apel Siaga Garakan Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan (Dalkarlabun), Kamis (1/8).

Apel ini diikuti Iebih dari 1.000 peserta yang merupakan para Pemangku kepentingan khususnya di sektor Perkebunan diantaranya Perusahaan, KUD/Plasma, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dan BPBD yang tergabung di dalam Brigade tingkat Kabupaten melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI, Manggala Agni, Unsur TNI-Polri serta komponen masyarakat lainnya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI, Aris Panama mengatakan, bahwa apel ini sebagai momentum untuk mengkonsilidasikan para pihak khususnya di sektor Perkebunan sebagimana merujuk pada Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 5 Tahun 2018 tentang pembukaan Iahan tanpa bakar.

“Rencananya Perusahaan akan secara rutin menggelar forum komunikasi brigade Dalkarlabun serta lebih intens bekerjasama dalam kegiatan di lapangan, baik pencegahan maupun pengendallan kebakaran. Misal di suatu Desa yang rawan terjadi kebakaran Iahan perkebunan, maka pelibatannya mulai dari Pemerintah Desa, KTPA dan Perusahaan sekitar untuk saling bahu membahu,” ujarnya.

Bupati OKI, H Iskandar SE mengungkapkan, bahwa inisiatif mengimplementasikan Permentan No.5 Tahun 2018 ini patut diapresiasi, mengingat Iahan perkebunan juga dinilai cukup rawan terjadi kebakaran, sehingga sudah seharusnya mulai menguatkan peran brigade Dalkarlabun. “KTPA dan Pemerintahan Desa yang juga sebagai simpul kecil dalam upaya memimimalkan musibah kebakaran. Mesti terus didorong agar optimal perannya, karena masih banyak warga yang memedukan penyadaran tentang bahaya kebakaran Iahan perkebunan. Ke depan setiap Desa rawan api, mesti ada KTPA,” pungkasnya.

Sementara itu Koordinator GM, PT Sampoema Agro, Eldi Nuzan yang ditunjuk sebagai tuan rumah Apel menuturkan, bahwa sejak tahun 2016 PT Sampoema Agro ikut membina 21 KTPA.

Sebanyak 30 Perusahaan Perkebunan terlibat dalam kepanitiaan bersama event ini. Dan mewakili dalam pengukuhan Brigade Dalkarlabun telah dikukuhkan oleh Bupati OKI diantaranya PT Sampoema Agro, PT SAML, PT PSM (Sriwijaya Palm Oil), PT London Sumatera, PT Waymusi Agro, PT Wilmar Plantations, PT Rambang Agro Jaya, PT Tempirai, PT Kelantan Sakti, PT Sentosa Agri Prima dan PT Gading Cempaka. IAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here