Home Sumsel Baturaja Desa Karang Endah Prioritaskan DD Bidang Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat

Desa Karang Endah Prioritaskan DD Bidang Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat

0

BATURAJA. PE -Penyerapan realisasi anggaran Dana Desa (DD) 2019 di Desa Karang Endah, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mencapai 80 persen, berupa pembangunan fisik infrastruktur dan program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya berupa kegiatan pelatihan keterampilan wanita atau ibu-ibu desa, dalam hal pembuatan kerajinan rumah tangga.

Kepala Desa (Kades) Karang Endah, A Armada mengatakan, realisasi DD 2019 untuk pencairan tahap I dan II dilaksanakan untuk pembangunan peningkatan yakni jalan cor beton desa sepanjang 691 meter. Yang dibangun mulai dari pinggiran Minanga Ogan daerah Dusun III hingga ke Dusun Induk Desa Karang Endah. Selanjutnya, pembuatan saluran drainase/parit warga sepanjang 150 meter. Yaini dari areal dusun I dan dusun I.

“Untuk pencairan DD tahap I dan II. Alhamdulillah, kita prioritaskan untuk pembangunan peningkatan fisik/infrastruktur sudah mencapai 80 persen. Dan mudah-mudahan sisanya akan kita selesaikan 100 persen pada pencairan tahap 3 nanti,” terangnya, kepada Palpres.Com Kamis (29/8).

Menurut Kades, dari hasil musyawarah desa yang dituangkan dalam RKP desa 2019, pihaknya tidak hanya memprioritas pembangunan dibidang fisik dan infrastruktur pembangunan saja. Tetapi juga dibidang pemberdayaan masyarakat desa, antara lain program pemberdayaan peningkatan keterampilan wanita, Posyandu, peningkatan kesehatan Balita, penggalakan senam Lansia. Serta pemberian insentif kepada petugas Linmas/Hansip, pengurus masjid. Termasuk program pemberdayaan remaja atau anak putus sekolah sebanyak 13 anak, yang ada di desa.

“Untuk program anak putus sekolah, kita berikan bimbingan serta kegiatan yang sifatnya membantu masyarakat. Tujuannya agar anak-anak putus sekolah ini memiliki kegiatan yang berguna dan bermanfaat,” tandasnya.

Armada juga menambahkan, dari usulan Musdes RKP desa 2020 mendatang, pihaknya kedepan akan berupaya melakukan pembangunan gedung serba guna serta pembangunan jembatan penyeberangan untuk memperlancar akses warga dalam mengangkut atau mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan. Juga pembuatan jalan perkebunan sepanjang 10 km, yang menghubungkan Desa Karang Endah hingga daerah Rantau Kumpai. YEN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here