Home Enterpreneur Bonsai Kelapa, Tanaman Hias Nan Unik Penghias Rumah

Bonsai Kelapa, Tanaman Hias Nan Unik Penghias Rumah

0
Hendra UJM, Penggerak Komunitas BKI Regional Palembang foto bersama anggota komunitas menunjukkan bonsai kelapa hasil kreasi mereka.

PALEMBANG, PE – Bonsai merupakan tanaman hias yang selalu menarik untuk dijadikan pilihan tanaman penghias rumah. Salah satu pilihan bonsai yang tengah menjadi tren dan digandrungi masyarakat karena keindahan dan keunikannya, adalah bonsai kelapa.

Bonsai kelapa mulai dijadikan hobi dan ladang bisnis yang menguntungkan, termasuk dalam bonsai kelapa di bawah naungan Komunitas Bonsai Kelapa Indonesia (BKI) Regional Palembang.

Hendra UJM, Penggerak Komunitas BKI Regional Palembang mengatakan, bonsai kelapa merupakan replika pohon kelapa asli atau pohon kelapa dengan ukuran yang berukuran kecil atau mini.

“Untuk memperkenalkan bonsai kelapa di Palembang, kita mengikuti event Sriwijaya Lifestyle Walk (Sriwalk) di Jalan Mayor HM Noerdin Pandji Palembang yang digelar hingga 8 September mendatang,” ujarnya, Sabtu (31/8).

Menurut dia, pihaknya tidak hanya memanfaatkan event-event pameran atau festival untuk mengenalkan hasil kerajinan mereka. Namun juga dijual secara perorangan, baik itu secara online melalui media sosial (medsos), market place dan yang lainnya.

Terlebih Hendra menuturkan, bonsai kelapa tidak seperti bonsai-bonsai pada umumnya. Selain keunikan yang dimiliki karena pohon kelapa yang hakikatnya tinggi menjulang dapat dikerdilkan menjadi bonsai, namun juga bonsai kelapa memiliki tantangan tersendiri dalam pembudidayaannya.

“Untuk membuat kelapa menjadi bonsai memiliki kesulitannya sendiri, ada teknik-teknik khusus yang harus diterapkan agar bonsai kelapa bisa tumbuh. Bahkan tidak semua pembudidaya tanaman dapat berhasil membuat bonsai kelapa,” tambahnya.

Kategori untuk dinyatakan berhasilnya suatu bonsai kelapa tumbuh adalah bila bonsai yang dibudidayakan tersebut mirip seperti pohon kelapa di alam aslinya, namun dalam bentuk kerdil di dalam pot bunga dan juga ada yang dikreasikan bonsainya.

Hampir semua jenis kelapa dapat dijadikan bonsai seperti Kelapa Gading, Hibrida, maupun lainnya. “Untuk saya sendiri mengambil kelapanya secara lokal saja yakni berasal dari Palembang,” imbuhnya.

Seperti karakteristik dari Bonsai Kelapa Gading Orange adalah pelepah dan daunnya yang berwarna orange, sehingga lebih terlihat berwarna. Hingga saat ini peminat bonsai kelapa telah banyak dan tersebar di Indonesia, untuk Palembang sendiri responnya juga positif.

“Kita juga menjual seni bonsai kelapa yang kita buat ini dari mulai Rp200 ribu hingga puluhan juta,” tuturnya.

Pihaknya berpesan untuk menjaga bonsai kelapa agar tetap baik kualitasnya adalah dengan teratur menjaga kelembaban bonsai dan rutin memberi nutrisi tambahan seperti pupuk cair organik. Lalu agar daun tetap berwarna mengkilap sebaiknya dibersihkan menggunakan sikat.

“Bonsai kelapa ini sangat berguna dalam mengurangi global warming (pemanasan global) yang terjadi, untuk di Pelembang jumlah anggota BKI sudah mencapai 400 orang, angka ini dapat bertambah seiring tingginya minat masyarakat di Palembang dengan Bonsai Kelapa ini,” tukasnya. KUR

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here